PJKR FKIP UMMI Tingkatkan Kualitas Dengan Menggandeng Profesional Sport Massage Dari Malaysia
PJKR FKIP UMMI Tingkatkan Kualitas Dengan Menggandeng Profesional Sport Massage Dari Malaysia

PJKR FKIP UMMI Tingkatkan Kualitas Dengan Menggandeng Profesional Sport Massage Dari Malaysia

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Selasa, 03 September 2019

Kuala Lumpur, Malaysia - Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) FKIP UMMI terus meningkatkan kualitas dengan memulai program internasional. Kegiatan internasional yang pertama dilakukan adalah penjajakan kerjasama dan sharing pengetahuan dosen PJKR FKIP UMMI dengan ahli-ahli sport massage profesional dari Pro MMR Sport Recovery.

Senin (2/9), rombongan dosen PJKR yang terdiri dari Bachtiar, M.Pd., Wening Nugraheni, M.Pd., Firman Maulana, M.Pd., Ahmad Alwi Nurudin, M.Pd., Firman Septiadi, M.Pd., Titis Nurina, M.Or., dan Agung Widodo, M.Or. berkunjung ke kantor pusat Pro MMR Sport Recovery di Kuala Lumpur, Malaysia. Kedatangan rombongan PJKR diterima oleh direktur sekaligus founder Pro MMR Sport Recovery yaitu MT. Mohd. Azlan Othman.

Pro MMR Sport Recovery merupakan profesional sport massage asal Malaysia yang berpengalaman dalam bidang sport massage dan rehabilitasi cedera olahraga antara lain menjadi masseur bagi atlet-atlet nasional Malaysia dalam event olahraga internasional seperti Sea Games, Asian Games, hingga Olympic Games maupun atlet-atlet internasional dari berbagai negara dalam event-event olahraga internasional lainnya seperti  marathon dan balap sepeda.

Dalam kunjungan tersebut salahsatu dosen PJKR Firman Maulana, M.Pd. pengampu matakuliah massage olahraga yang sudah memiliki Lisensi Level 1 dan 2 nasional dari Perkumpulan Terapis Massage Indonesia (PTMI) saling bertukar pengetahuan dengan ahli massage dari Pro MMR.

Selain itu, ketua program studi PJKR Bachtiar, M.Pd. bersama direktur Pro MMR  MT. Mohd. Azlan Othman merumuskan poin-poin kerjasama internasional PJKR UMMI dengan Pro MMR antara lain program magang mahasiswa, dosen tamu, dan kolaborasi pengembangan massage olahraga terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman.

Kerjasama ini dijalin guna meningkatkan kualitas kompetensi mahasiswa PJKR yang dirumuskan dalam profil lulusan bahwa selain memiliki kompetensi utama sebagai pendidik, lulusan PJKR juga diharapkan memiliki beberapa kompetensi pendamping salahsatunya dalam bidang sport massage dan penanganan cedera.

Selanjutnya, setelah dari Pro MMR rombongan dosen PJKR akan melanjutkan kunjungan ke Kolej University Islam antarbangsa Selangor (KUIS) sebagai dosen tamu pada matakuliah olahraga dan permainan di kampus tersebut.