Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kementerian Pariwisata Gandeng UMMI Selenggarakan Pelatihan Dasar SDM kepariwisataan Untuk Mahasiswa UMMI

Kementerian Pariwisata Gandeng UMMI Selenggarakan Pelatihan Dasar SDM kepariwisataan Untuk Mahasiswa UMMI

  • Administrator
  • 10 Aug 2019
  • Berita Terbaru

Auditorium, ummi.ac.id - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus berupaya meningkatkan kualitas SDM Pariwisata melalui roadshow pelatihan kepariwisataan ke berbagai kampus di Indonesia. Misinya tidak lain, yakni membentuk kualitas SDM Pariwisata berstandar global.

Dengan mengusung program Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan Goes To Campus, Kemenpar berhasil menarik antusias 280 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) dari berbagai Program Studi.
Kegiatan yang terselenggara berkat kerjasama Kementerian Pariwisata dan UMMI ini, berlangsung pada Jumat (9/8/19) yang bertempat di Auditorium UMMI mulai dari pukul 08.00 – 16.30 WIB.

Turut hadir dalam kegiatan, Kepala Sub Bidang Pengembangan SDM Kepariwisataan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Alfin Merancia, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Sukabumi, H. Adang Taufik, S.H., M.Si dan Wakil Rektor III UMMI, Haadi Kusumah, M.T.

Saat memberikan sambutan, Haadi Kusumah, M.T. berharap, mahasiswa tak sekadar menikmati destinasi wisata semata. Lebih jauh, ia berharap mahasiswa dapat menjadi agen sosialisasi dan berinovasi bagi pengembangan kawasan wisata kedepan.
“Saat ini merupakan momen yang tepat bagi mahasiwa untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan pariwisata, mahasiswa sebagai kader dan agen perubahan dalam pengembangan pariwisata di Indonesia ada karena pemuda dan Indonesia tegak karena mahasiswa kususnya di Sukabumi,” jelas Haadi.

 “Dunia pariwisata di Indonesia, mengalami perkembangan yang amat pesat, sebagai sektor penyumbang devisa bagi negara. Indonesia memiliki berbagai keragaman flora, fauna, budaya, tradisi, dan sejumlah local wisdom lainnya. Jika dapat dikelola dengan baik, industri pariwisata dapat mempercepat pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Indonesia khususnya di Sukabumi,” lanjut Ia.

Sejalan dengan penjelasan Haadi Kusumah, M.T., Kepala Sub Bidang Pengembangan SDM Kepariwisataan Kemenpar, Alfin Merancia menjelaskan pengembangan SDM pariwisata memainkan peranan yang sangat penting guna mewujudkan masyarakat sadar wisata.

"Sektor pariwisata telah tumbuh dengan sangat baik di Sukabumi. Karena itu dibutuhkan SDM-SDM pariwisata dengan karakter pemimpin. Tentunya yang dapat menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan. Dengan pelatihan ini diharapkan bisa muncul SDM pariwisata andal bidang pariwisata," kata Alfin,

Lebih lanjut, Alfin mengungkapkan, program ini dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas kemampuan masyarakat. Hal itu berguna untuk memberikan layanan yang baik kepada wisatawan nusantara dan mancanegara.

"Dengan kegiatan ini, kami harap para peserta mampu memahami pengertian daya tarik dan destinasi wisata. Serta meningkatkan kapasitas dan juga awareness mengenai kepariwisataan bagi mahasiswa'' katanya.