Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • PIDATO REKTOR SIDANG TERBUKA SENAT AKADEMIK DALAM RANGKA WISUDA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI 21 MARET 2019

PIDATO REKTOR SIDANG TERBUKA SENAT AKADEMIK DALAM RANGKA WISUDA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI 21 MARET 2019

  • Administrator
  • 21 Mar 2019
  • Berita Terbaru

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,

Yth ……………..

Yang Saya Hormati :

  1. Ketua PWM Jawa Barat
  2. Kepala LLDikti Wilayah 4 Jabar dan Banten
  3. WALIKOTA SUKABUMI
  4. Ketua BPH beserta seluruh anggota
  5. Senat Akademik UMMI beserta seluruh anggota
  6. Ketua PDM Sukabumi
  7. Ketua PDA Kota dan Kabupaten Sukabumi
  8. Direktur Perbankan dan rumah sakit mitra UMMI
  9. Para Dosen dan Staf Kependidikan UMMI
  10. Bapak-bapak, Ibu-Ibu para undangan sekalian
  11. Secara khusus, yang saya banggakan para Wisudawan  beserta Orang tua dan Keluarga, Generasi Pembangun Bangsa yang  saya muliakan.

Kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia NYA yang telah mempertemukan kita di auditorium UMMI dalam keadaan sehat wal’afiat. Shalawat dan Salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW dan para shohabatnya serta para pengikutnya hingga akhir zaman.

Hadirin yang Berbahagia

Acara wisuda merupakan moment bersejarah dan dinantikan oleh para lulusan yang telah menyelesaikan kewajibannya sebagai mahasiswa/i di UMMI, sebagai bentuk pengukuhan kelulusan para wisudawan pada pagi ini dilaksanakan Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana ke XVII dan Diploma 3 ke XVIII Periode 1 Tahun Akademik 2018/2019 dengan jumlah wisudawan 157 orangyang tersebar di 5 (lima) fakultas, yakni:

  • Fakultas Sains & Teknologi 45 wisudawan
  • Fakultas Pertanian 2 wisudawan
  • Fakultas Ilmu Administrasi & Humaniora 21 wisudawan
  • Fakultas Ekonomi 15 wisudawan
  • Fakultas  Keguruan Ilmu Pendidikan 74 wisudawan

Para wisudawan yang dilantik diharapkan dapat membawa nama baik UMMI, menjadi agen perubahan untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara dengan karya nyata melalui ilmu yang telah dipelajari lulusan.

Para Wisudawan yang saya banggakan

Dengan rasa bangga dan terharu kami lepas saudara sebagai lulusan Universitas Muhammadiyah Sukabumi yang memiliki Akreditasi BAN-PT dengan nilai Sangat Baik (B). Untuk itu atas pencapaian keberhasilan UMMI yang telah maksimal membekali saudara/i dengan rasa bangga dalam kesempatan berbahagia ini atas nama pimpinan dan segenap Civitas Akademika UMMI, Saya mengucapkan SELAMAT kepada seluruh wisudawan yang telah berhasil menjadi Sarjana dan Ahli Madya di bidang ilmunya masing-masing. Keberhasilan saudara ini jadikanlah modal untuk turut serta bekerja membangun bangsa dan negara. Semoga Saudara semua memiliki kekuatan dan kesatuan untuk berkontribusi bagi bangsa Indonesia yang sehat dan berkeadilan.

 

Kepada orang tua dan keluarga yang hadir untuk menyaksikan putra/i nya diwisuda Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaannya telah menitipkan putra/i nya menimba ilmu di UMMI. Semoga keberhasilan para wisudawan menjadi kebahagiaan tersendiri untuk orang tua dan keluarga. Keberhasilan para wisudwan tidak lepas dari peran serta para pendidik dan staff yang telah menjalankan tugasnya dengan baik, untuk itu saya sebagai pimpinan UMMI menghaturkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya juga kepada seluruh Dosen dan tenaga kependidikan UMMI atas totalitas dan komitmen melaksanakan tugas mendidik dan melayani mahasiswa hingga mereka berhasil menyelesaikan studinya.

Para Wisudawan, Orangtua dan Hadirin yang Berbahagia

UMMI merupakan salah satu amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah yang bergerak di bidang pendidikan tinggi yang berdiri pada tanggal 13 Juni 2003. Dalam rentang waktu yang masih tergolong singkat ini UMMI mampu membangun sinergitas internal dan eksternal kampus. Kekuatan yang dimiliki Internal Institusi UMMI yakni memiliki 22 program studi yang terdiri dari:   3 Program Diploma III, 18 program Sarjana dan 1 program Magister, yang telah terakreditasi “B” berjumlah 13 Program Studi, 1 program studi akreditasi “A”. sisanya sedang dalam proses akreditasi menuju B. Penguatan lainnya terlihat di bidang SDM dimana kini UMMI telah memiliki 14 Doktor dari berbagai bidang ilmu dan sebanyak 25 orang Dosen UMMI yang sedang  mengikuti studi lanjut program Doktor di dalam maupun luar negeri. Disamping itu secara konsisten setiap tahun UMMI mengirimkan 20 orang Dosen dari 20 program studi untuk studi program Doktor. Peningkatan lain dapat dilihat dari perbaikan dan penambahan sarana fisik yakni sarana kelas, laboratorium, mesjid, sarana olah raga, foodcourt , UMMI Mart yang semuanya berada di lingkungan kampus UMMI. Alhamdulillah sebulan yang lalu (Februari 2019)UMMI telah meresmikan gedung baru untuk penambahan ruang belajar. Selain kekuatan yang telah dipaparkan diatas dapat Saya sampaikan beberapa perkembangan penting lainnya adalah Universitas Muhammadiyah Sukabumi dalam menjalankan caturdharma telah didukung oleh Perpustakaan yang telah terakreditasi  Unggul (A).

Hadirin yang berbahagia

UMMI dapat berkembang dengan pesat dikarenakan berpedoman kepada Visi unggul dalam keilmuan dan keislaman, Misi, Tujuan dan Sasaran yang tepat dan diimplementasdikan dalam Catur Darma Perguruan Tinggi. Salah satu misi UMMI untuk memperluas jaringan adalah melakukan kerjasama di tingkat Lokal, Nasional dan Internasional, realisasi kerjasama tingkat Lokal dan Nasional dilakukan dengan pemerintah di tingkat Kota/Kabupaten/Provinsi, Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah/Swasta, Media Massa serta berbagai organisasi profesi dan kemasyarakatan.

Kerjasama UMMI dengan beberapa negara luar, sebagai berikut.

  1. Islamic University of Minessota (Amerika/USA)
  2. Kolej Universiti Islam Antar Bansga Selangor (Malaysia)
  3. Tainan University Alliance (Taiwan, R.O.C)
  4. Saint Dominic Savio College (Philipine)
  5. Muhammadiyah Assiciation and Serius Learning Universe PTE LTD
  6. (Singapore)
  7. Islamic Integrated School Network (Thailand Selatan)
  8. Abroad Alumni Association of Southern Border Provinces (Thailand 
  9. Selatan)
  10. Muslim Suksa School Yala, (Thailan Selatan)
  11. Nirandon Witya School (Thailand Selatan)
  12. Kedutaan Besar Republik Indonesia di Thailand (Thailand)
  13. Asia Metropolitan University Malaysia
  14. MSU Malaysia

Implementasi kegiatan MoU

  1. Magang Terintegrasi KKN Internasional di Universiti Teknologi Malaysia, KBRI Kuala Lumpur, KJRI Johor Bahru Malaysia,  KBRI Thailand, di Industri dan  sekolah di wilayah Thailand Selatan
  2. Student Mobility Non Kredit di Kolej Universiti Antarbangsa Selangor Malaysia
  3. Kuliah Kerja Nyata dan Program Pengenalan Lapangan di Thailand Selatan
  4. Studi lanjut S3 dan Pembelajaran Budaya dan Bahasa Mandarin di Taiwan Melalui Beasiswa pemerintah Taiwan
  5. Short term and midwifery perofessional program studi D3 Keperawatan

Dan tahun ini pun UMMI sedang merintis kerjasama baru dengan Chikyujin Jepang  dan University Putra Malaysia.  Kerjasama-kerjasama yang dibangun UMMI ini tak lain merupakan upaya UMMI dalam meningkatkan efektivitas, efisiensi, produktivitas, kreativitas, inovasi, mutu, dan relevansi pelaksanaan Caturdharma Perguruan Tinggi dalam rangka meningkatkan daya saing UMMI  yang tentu saja akan berimbas pula pada  peningkatan daya saing lulusan. Kerjasama ini benar-benar telah memberikan dukungan dalam upaya mewujudkan UMMI sebagai Universitas yang unggul dalam keilmuan dan keislaman .

Para Wisudawan yang Saya Banggakan,

Berbagai perjuangan UMMI dalam melaksanakan caturdharma untuk berprestasi adalah bekal saudara/i yang kini telah menjadi Alumni. Saya berpesan jaga nama baik almamater, karena baik buruknya citra UMMI dipengaruhi oleh bagaimana kiprah lulusannya dalam berkarya di tengah masyarakat. Jadilah pribadi yang tangguh, berkarakter dan bermanfaat bagi masyarakat melalui ilmu yang telah dipelajari di kampus tercinta UMMI, terakhir senantiasa bersyukur atas pencapaian dalam segala sisi kehidupan.

Para Hadirin yang Berbahagia

Kelancaran dan kekhidmatan acara wisuda ini tidak lepas dari peran panitia wisuda dari Program Studi D-III Keperawatan dan Fakultas Hukum, untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada panitia pelaksana wisuda yang telah bekerja keras menyukseskan acara ini. Untuk para hadirin saya sampaikan terima kasih  telah mengikuti prosesi wisuda ini dengan  penuh kesabaran dan mohon maaf bila ada kekurangan dalam pelaksanaannya.

Untuk Para Wisudawan yang saya banggakan

Tanamkanlah di setiap langkahmu untuk senantiasa mensyukuri nikmat yang telah dirasakan sebagaimana Allah berfirman dalam Surat Ibrahim ayat 7 :

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

Para civitas UMMI mari kita panjatkan do’a memohon keridhoan NYA. Ya Allah berkahilah institusi ini, besarkanlah manfaatnya dengan Kekuatan dan Kehendak-MU. Ampuni kami ya Allah, kami hamba-Mu ini sangat lemah, yang mudah khilaf dan terlupa jika tanpa Tuntunan dan berharap pada Kekuatan-Mu semata. Semoga yang hadir dalam acara wisuda ini senantiasa mandapatkan limpahan anugrah dan nikmat Iman dan Islam. Aamiin Yaa, Rabbal Alamiin. Terimakasih. 

Wassalamu’alaikum WarahmatullahiWabarakatuh

 

Sukabumi, 21 Maret 2019`

 

Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd