Studium Generale Prodi Magister Ilmu Administrasi UMMI, Hadirkan Bupati dan Anggota DPR RI
Studium Generale Prodi Magister Ilmu Administrasi UMMI, Hadirkan Bupati dan Anggota DPR RI

Studium Generale Prodi Magister Ilmu Administrasi UMMI, Hadirkan Bupati dan Anggota DPR RI

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Sabtu, 17 November 2018

Auditorium, radarsukabumi.com – Guna meningkatkan minat dan wawasan mahasiswa mengenai koperasi, Program Pascasarjana Prodi Magister Ilmu Administrasi Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) menggelar Stadium General (SG) atau kuliah umum dengan mendatangkan, Anggota Komisi VI DPR-RI Fraksi PKS, Slamet sebagai pembicara.

Kegiatan bertema Pembangunan Ekonomi Nasional Berbasis Penguatan Koperasi itu dibuka langsung Rektor UMMI, Sakti Alamsyah yang dipusatkan di Auditorium UMMI, Jalan R Syamsudin, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi, Rabu (14/11).

Ratusan peserta yang merupakan mahasiswa Prodi Magister Ilmu Administrasi dan semester VII serta civitas akademika UMMI itu terlihat penuh sesak mengikuti kuliah umum.

Hadir pula Bupati Sukabumi Marwan Hamami sebagai keynote speaker, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik UMMI Reny Sukmawani dan jajaran, Ketua Magister Ilmu Administrasi Erry Sunarya serta para dosen lainnya.

Rektor UMMI Sakti Alamsyah mengatakan, kuliah umum atau SG tentang koperasi ini merupakan salah satu materi pembelajaran yang harus diikuti oleh setiap mahasiswa yang ada di Fakultas Ilmu Administrasi.

“Ini sangat penting dipelajari, karena dapat mengingatkan jati diri koperasi di tingkat mahasiswa,” ujarnya kepada Radar Sukabumi.

Dengan acara tersebut, ia berharap wawasan mahasiswa mengenai koperasi bukan hanya sebatas teori.

“Ya, bukan hanya sebatas teori saja. Tapi lebih dari itu, para mahasiswa UMMI harus tahu ilmunya langsung baik secara praktik maupun empiris dari para aktivis koperasi itu sendiri,” tegasnya.

Sakti pun prihatin dengan keberadaan koperasi saat ini, di mana peminatnya semakin berkurang setiap tahun. Padahal, keberadaan koperasi bisa memajukan perekonomian di Indonesia.

“Semoga bisa memberikan wawasan kepada kita semua mengenai koperasi dan diharapkan peserta dapat mempelajari pengalaman tentang mengelola koperasi yang baik dari para pembicara,” ucapnya.

Dikatakannya, SG ini juga bertujuan untuk meningkatkan minat dan wawasan mahasiswa mengenai koperasi.
“Stadium general ini dapat mendorong pemuda terutama mahasiswa untuk memajukan usaha di era digital saat ini,” ulasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi VI DPR-RI, Slamet menuturkan, pemerintah terus mendorong keberadaan koperasi di Indonesia.

“Salah satunya melalui pembinaan-pembinaan kepada para anggota koperasi di setiap daerah,” terangnya.

Selain memberikan pembinaan, pihaknya mengklaim terus mendorong setiap koperasi untuk berbasis digital sesuai tuntutan zaman, sehingga dengan begitu bisa menarik minat anak-anak muda untuk ikut gabung menjadi anggota koperasi.

“Tentu kita terus mendorong agar beralih ke digital, karena sekarang ini zamannya smartphone, koperasi juga harus bisa mengikuti tuntutan zaman,” imbuhnya.

Pria yang bergelar dokter hewan itu mengajak para mahasiswa UMMI agar semakin tertarik bergabung menjadi anggota koperasi atau bahkan menjadi entrepreneurship.

“Karena dengan begitu, mereka bisa membuka lapangan pekerjaan setelah lulus nanti,” tandasnya.