Agrifes: Loving Earth, Loving Indonesia With Urban Farming And Get Profit
Agrifes: Loving Earth, Loving Indonesia With Urban Farming And Get Profit

Agrifes: Loving Earth, Loving Indonesia With Urban Farming And Get Profit

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Senin, 12 Desember 2016

Auditorium, ummi.ac.id – Hari kedua Agribisnis Festival 2016 yang diselenggarakan oleh Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Sukabumi mengadakan Seminar wirausaha dalam bidang petanian. Seminar kali ini mengusung “Loving Earth, Loving Indonesia With Urban Farming And Get Profit” menghadirkan tiga narasumber yang pakar dibidang Urban Farming serta Agripreneur yaitu Dr. Reny Sukmawani, S.P.,M.P (Dosen Prodi Agribisnis), Faris Nugraha, S.P dan Adi Pramudyo, S.T., M.Psi (Agripreneur Muda).

Seminar yang dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian, Amalia Nur Milla, M.P berlangsung di Auditorium UMMI, Senin (12/12/16).

Dalam sambutannya Amalia Nur Milla mengajak untuk sama-sama mengkonsumsi produk lokal hasil pertanian, mencintai produk lokal untuk mengangkat pertanian Indonesia.

Seminar berlangsung dari pukul 08.30 sampai 12.00, diawali oleh narasumber pertama, Dr. Reny Sukmawani, S.P.,M.P yang menjelaskan konsep Urban Farming dimana Konsep Urban Farming merupakan memanfaatkan lahan tidur di perkotaan yang dikonversi menjadi lahan pertanian produktif hijau yang dilakukan oleh masyarakat sehingga dapat memberikan manfaat bagi mereka.

Kemudian narasumber kedua,  Adi Pramudyo, S.T., M.Psi yang merupakan seorang Agripreuneur Muda sukses yang dengan bertani menjadikan usaha dan bisnis yang menjanjikan. Dalam seminarnya Adi Pramudyo mengatakan “Selama manusia masih makan disitulah petani masih dibutuhkan,” dengan quotenya ini mendapat tepuk tangan yang meriah dari peserta yang hadir.

Selanjutnya narasumber ketiga, yang merupakan salah satu lulusan Program Studi Agribisnis UMMI yang telah suskses di bidang bisnis pertanian, Owner dari Sukabumi Aquaponics Farm yang mengembangakan Urban Farm dan menjadi pemasok hasil pertaniannya tersebut ke supermarket-supermarket yang berdomisili di Sukabumi, Faris Nugraha, S.P.

Ditengah-tengah seminarnya Faris Nugraha sempat mengenang dan menceritakan ketertarikannya di bidang pertanian dan memilih Agribisnis menjadi Program Studi saat kuliahnya. Diakhir seminarnya Faris Nugraha mengatakan Jadi petani itu insha Allah keren dan barokah. Lulusan Program Studi Agribisnis tahun 2012 ini kini melebarkan sayapnya selain di bisnis pertanian juga bidang pertambangan.

Rencananya besok merupakan hari terakhir dari rangkaian Agribisnis Festival 2016. Selain pameran dan angkringan Agribisnis, besok juga akan berlangsug beberapa perlombaan seperti, lomba Desain Lenscape, lomba Kaligrafi Al-Quran atau Hadist yang berkaitan dengan pertanian, lomba musikalisasi puisi, dan lomba Kreasi Inovasi Teknologi Pertanian.