Kunjungan Mahasiswa KKN UMMI Ke Pusat Pembuatan Enye di Desa Karangjaya Kecamatan Gegerbitung
Kunjungan Mahasiswa KKN UMMI Ke Pusat Pembuatan Enye di Desa Karangjaya Kecamatan Gegerbitung

Kunjungan Mahasiswa KKN UMMI Ke Pusat Pembuatan Enye di Desa Karangjaya Kecamatan Gegerbitung

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Minggu, 16 Agustus 2015

Salah satu program KKN TEMATIK di bberita_idang Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) yaitu dibberita_idang kewirausahaan, mahasiswa UMMI peserta KKN di bberita_idang ini dituntut untuk membuat suatu program yang bisa meningkatkan penghasilan warga dari segi perekonomian. Warga dberita_isini merupakan warga yang masuk ke dalam golongan keluarga pra sejahtera.

Para mahasiswa peserta KKN dari Kelompok 2 yang bertugas di Desa Karangjaya Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi berinberita_isiatif untuk melanjutkan program yang sebelumnya pernah digarap pleh peserta KKN satu tahun yang lalu. Sebelum masuk kedalam program, para mahasiswa dari kelompk 2 ini melakukan kunjungan terlebih dahulu ke lokasi pembuatan enye di Kampung Cibinong Desa Karangjaya Kabupaten Sukabumi. Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihan dan mencari akar permasalahan serta solusi dari home industri pembuatan enye ini.

Hasil dari diskusi dan analberita_isis permasalahan, ternyata ada beberapa faktor penghambat usaha ini, salah satunya dibberita_idang pemasaran yang masih kurang. Dalam hal ini para mahasiswa mengajukan sebuah solusi untuk meningkatkan pemasaran dari enye ini, yaitu dengan mengemas enye tersebut semenarik mungkin lalu di distribusikan ke ratusan toko ataupun pasar di daerah Sukabumi dan sekitarnya, sehingga bisa meningkatkan penghasilan dari industri pembuatan enye ini.

Diharapkan dengan berita_ide dan pelatiha yang diberikan oleh para mahasiswa ini bisa ikut membantu meningkatkan kesejahteraan penduduk sekitar, karena nantinya wirausaha ini akan dibagi kedalam tiga bagian, yaitu bagian produksi, pengemasan dan pemasaran, sehingga bisa menyerap tenaga kerja yang lebih banyak juga.