Bertepatan Dengan Hari Ibu, ICT UMMI Luncurkan Website Pencari Berbasis Google Search
Bertepatan Dengan Hari Ibu, ICT UMMI Luncurkan Website Pencari Berbasis Google Search

Bertepatan Dengan Hari Ibu, ICT UMMI Luncurkan Website Pencari Berbasis Google Search

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Kamis, 22 Desember 2016

ICT UMMI - Kebutuhan akan kemudahan dalam mengakses informasi memang sangatlah dibutuhkan, penggunaan Google sebagai mesin pencari utama sudah sangat membantu, tetapi karena Google mencakup seluruh informasi yang ada di duania terkadang suka membuat pengguna harus berkali-kali menuliskan kata kuci yang dianggap lebih menjurus.

Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) saat ini mempunyai sebuah domain utama (ummi.ac.id) dan puluhan sub domain dibawahnya, banyaknya sub domain terkadang membuat pengguna cukup repot ketika hendak mengakses berita-berita tertentu tentang UMMI karena harus mengunjungi website yang lebih sepesifik.

Hal ini disadari oleh bagian Information and Communications Technology (ICT) atau yang lebih dikenal dengan sebutan SIM (Sistem Informasi Manajemen). Dengan menggunakan beberapa kali penelitian dan alasis akhirnya dibuatlah sebuah website yang bisa digunakan untuk melakukan pencarian data dari seluruh website UMMI dan juga website-website dibawah UMMI. Website ini menggunakan platform Google Custom Search Engine (Google CSE) sehingga data yang dimunculkan adalah data-data yang telah terdeteksi oleh Google. Website tersebut bisa di akses dengan alamat url http://google.ummi.ac.id/. Website pencari data UMMI ini resmi diluncurkan pada hari kamis, 22 Desember 2016 yang bertepatan dengan Hari Ibu.

Adalah Ruswandi, S.T., programmer yang berada dibalik pembuatan website ini, programmer yang merupakan fresh graduate dari jurusan Teknik Informatika UMMI pada tahun 2016 ini memutuskan untuk bekerja dan mengembangkan sistem IT di UMMI. Berbagai webstie dan juga sistem telah dibuat oleh dia, salah satunya adalah website pencari data UMMI ini.

Semoga dengan diluncurkannya website pencari data UMMI ini bisa memberikan manfaat dan kemudahan bagi seluruh penggunanya. Aamiin.