Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • 2 Dosen UMMI Berhasil Memborong 2 Kategori Terbaik Dalam Program Penelitian Se-Indonesia

2 Dosen UMMI Berhasil Memborong 2 Kategori Terbaik Dalam Program Penelitian Se-Indonesia

  • Administrator
  • 28 Nov 2017
  • Berita Terbaru

Bandung, ummi.ac.id –  Untuk dapat menyelenggarakan kewajiban penelitian sebagaimana amanah pasal 20 pada UU No. 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, perguruan tinggi dituntut memiliki dosen yang kompeten serta mampu menyusun proposal penelitian,  melaksanakan penelitian,  mendesiminasikan hasil penelitian dan pada akhirnya berbagai proses dan teknologi,  publikasi  nasional/internasional yang berujung pada Hak Kekataan Intelektual dalam rangka meningkatkan harkat dan martabat bangsa.

Agar tujuan tersebut tercapai,  penelitian harus dilakukan secara profesional dengan prinsip-prinsip akuntabel,  transparan dan mengacu pada sistem penjaminan mutu penelitian.

Berdasarkan hal itu Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti)  mendorong dan memfasilitasi pada Dosen dalam melaksanakan kegiatan penelitian guna mendukung peningkatan mutu pendidikan tinggi, daya saing bangsa dan kesejahteraan rakyat secara terpogram dan berkelanjutan.

Baru-baru ini tepatnya tanggal 25-26 November 2017, semua peneliti program riset terapan se-Indonesia yang telah menyelesaikan penelitiannya pada tahun 2017 diwajibkan menyampain hasil penelitiannya dalam seminar hasil penelitian yang dilaksanakan oleh Kemenristekdikti sebagai bagian dari pertanggungjawaban peneliti terhadap kemenristek  dikti yang telah mendanani riset produk terapan dosen-dosen se Indonesia.  Kegiatan seminar dilaksanakan di Bandung yang dihadiri oleh 69 peneliti dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta yang melaksanakan penelitian terapan melalui pendanaan program penelitian dari Kemenriatek DIKTI.

Dari UMMI sendiri terdapat 4 dosen peneliti yang berkewajiban mengikuti kegiatan seminar hasil riset terapan ini,  yaitu : Dr.  R. Deni M. Danial, M. M.  (Administrasi Bisnis),  Sistiana Windiariani, M. Pd.  (Pendidikan Biologi), Dr.  Reny Sukmawani,  M. P (Agribisnis) dan Pelita Oktorina, M. Si yang pada kesempatan ini diwakili anggota peneliti yaitu Novita,  M. Si. (Manajemen Sumberdaya Perairan)

Pada kegiatan seminar hasil penelitian ini juga dipilih penyaji dan poster terbaik oleh tim penilai dan pembahas yang merupakan para pakar yang ditunjuk dan ditugaskan oleh Direktur Riset dan pengabdian masyarakat Kemenristekdikti. Berdasarkan hasil penilaian para pakar tersebut UMMI melalui dua dosennya berhasil sekaligus memborong 2 kategori terbaik untuk penyaji dan poster terbaik. Untuk penyaji terbaik diraih oleh Dr. Reny Sukmawani, M. P dan untuk poster terbaik diraih oleh Sistiana Windiyariani,  M. Pd.  Bahkan secara khusus UMMI mendapatkan apresiasi positif dari kemenristekdikti yang disampaikan pada acara penutupan.