Agribisnis FAPERTA UMMI Latih 20 Petani Muda Jadi Agripreneur Profesional
Agribisnis FAPERTA UMMI Latih 20 Petani Muda Jadi Agripreneur Profesional

Agribisnis FAPERTA UMMI Latih 20 Petani Muda Jadi Agripreneur Profesional

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Rabu, 03 Juni 2020

Sukabumi, ummi.ac.id - Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI). Pada Tahun 2019/2020 Pengabdian yang dilaksanakan adalah “Agripreneur Untuk Petani Muda “ Angkatan Pertama.  

PKM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan baik Soft Skill dan Hard Skill kepada Petani Muda. Peserta yang diundang dalam PKM ini sebanyak 20 orang, yang rentang usia 25 hingga 45 tahun, baik peserta laki-laki dan perempuan. Peserta pada Angkatan Ke-1 ini berasal dari 5 Kecamatan yang berlokasi tidak jauh dari Kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi, yakni Kecamatan : Cibeureum, Sukaraja, Sukabumi, Kebon pedes , dan Sukalarang. 

PKM dan Pelatihan dilaksanakan selama 7 Bulan , dimulai sejak November 2019 dan selesai pada bulan Mei 2020. PKM dilaksanakn di Laboratorium Agribisnis Gedung E/E3 Universitas Muhammadiyah Sukabumi, setiap hari Kamis Sore. Narasumber adalah seluruh jajaran Dosen dari Program Studi Agribisnis, Mahasiswa dan Alumni yang mumpuni dalam bidang keahlian terkait materi pelatihan, untuk prakteknya peserta dibantu  3 mahasiswa dan laboran Agribisnis. Materi pelatihan yang diberikan berupa: Tantangan Wirausaha Era Revolusi Industri , Evaluasi dan penyusunan Business Plan, Membangun jejaring  usaha dalam kemitraan dan kelembagaan, Food Photography, E-Comerce (Pasar Online) bersama Alumni dan Shopee, Strategi  dan Taktik Memuaskan Konsumen, Manajemen Ritel Praktis yang dilaksanakan secara daring melalui Vidio Conference karena dalam kodisi Pandemi Covid 19. 

Adang yang merupakan salah satu peserta yang berasal dari kecamtan kebonpedes menuturkan merasa puas dan senang memperoleh ilmu serta keterampilan selama 7 bulan, dan bisa belajar di kampus universitas Muhammadiyah Sukabumi. Dengan harapan adanya kegiatan yang sama ditahun berikutnya agar keterampilan yang telah diperoleh tetap memperoleh bimbingan dan arahan dari dosen, mahasiswa, dan alumni Agribisnis Faperta UMMI hingga usaha dalam produk serta jasa komoditas pertaniannya dapat berhasil hingga tahap yang lebih profesional. 
.
Diakhir kegiatan Agribisnis FAPERTA UMMI memberikan penghargaan berupa sertifikat kompetensi bagi seluruh peserta dan piagam penghargaan bagi peserta pelatihan teraktiv, pesrta dengan Business Plan terbaik, dan peserta dengan Food Photography terbaik.

______________________
PendaftaranMahasiswa Baru?
www.pmb.ummi.ac.id??
.??
#2020KuliahdiUMMI #Universitas #Muhammadiyah #Sukabumi #Kampus #Mahasiswa #HitsKampus #HitsMahasiswa #HitsUniversitas #PTN #PTS #PTM #Viral #UniversitasMuhammadiyahSukabumi #SMA #SMK