KEMENPAR Gandeng UMMI Selenggarakan Pariwisata Goes to Campus
KEMENPAR Gandeng UMMI Selenggarakan Pariwisata Goes to Campus

KEMENPAR Gandeng UMMI Selenggarakan Pariwisata Goes to Campus

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Kamis, 26 April 2018

Auditorium, ummi.ac.id - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus berupaya meningkatkan kualitas SDM Pariwisata melalui roadshow pelatihan kepariwisataan ke berbagai kampus atau universitas di Indonesia. Misinya tidak lain, yakni membentuk kualitas SDM Pariwisata berstandar global.

Dengan mengusung program Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan atau yang lebih dikenal dengan Pariwisata Goes To Campus, Kemenpar berhasil menarik antusias 250 mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) dari berbagai Program Studi.

Kegiatan yang terselenggara berkat kerjasama Kementerian Pariwisata dan UMMI ini, berlangsung pada Selasa (24/4/18) yang bertempat di Auditorium UMMI mulai dari pukul 08.00 – 17.30 WIB.

Turut hadir dalam kegiatan, Anggota Komisi X DPR RI Dr. Hj. Reni Marlinawati yang diwakili oleh Staff Ahli, Kepala Bidang Pengembangan SDM Kepariwisataan dan Sertifikasi Kompetisi, Gentur Priyatno, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Sukabumi, H. Adang Taufik, S.H., M.Si dan Rektor UMMI, Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd.

Saat memberikan arahan, Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd berharap, mahasiswa tak sekadar menikmati destinasi wisata semata. Lebih jauh, ia berharap mahasiswa dapat menjadi agen sosialisasi dan berinovasi bagi pengembangan kawasan wisata kedepan.

“Saat ini merupakan momen yang tepat bagi mahasiwa untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan pariwisata, mahasiswa sebagai kader dan agen perubahan dalam pengembangan pariwisata di Indonesia ada karena pemuda dan Indonesia tegak karena mahasiswa kususnya di Sukabumi,” jelas Dr. Sakti.

 “Dunia pariwisata di Indonesia, mengalami perkembangan yang amat pesat, sebagai sektor penyumbang devisa bagi negara. Indonesia memiliki berbagai keragaman flora, fauna, budaya, tradisi, dan sejumlah local wisdom lainnya. Jika dapat dikelola dengan baik, industri pariwisata dapat mempercepat pertumbuhan dan pemerataan ekonomi di Indonesia khususnya di Sukabumi,” jelas Sakti.

Sejalan dengan penjelasan Dr. Sakti Alamsyah, Kepala Bidang Pengembangan SDM Kepariwisataan dan Sertifikasi Kompetisi, Gentur Priyatno menjelaskan sebagai bagian dari masyarakat, mahasiswa memiliki peran strategis dalam mengupayakan percepatan pertumbuhan dan pemerataan ekonomi melalui sektor pariwisata.

Menurutnya, program Pariwisata Goes To Campus dilaksanakan agar mahasiswa dapat melahirkan gagasan baru untuk membangun pariwisata, mahasiswa sebagai multi disiplin, multi dimensi dan multi ilmu harus memiliki nilai tambah yang berguna bagi kemaslahatan masyarakat. Peran perguruan tinggi dalam pengembangan pariwisata sangat penting. Karena saat ini pariwisata menjadi leaderpembangunan nasional. Potensi yang ada hanya harus dimanfaatkan karena Pariwisata selalu memiliki prinsip semakin dilestarikan semakin mensejahterakan.

Sementara itu salah satu peserta pelatihan, Annisa Delis (Mahasiswa PBI) berharap, mahasiswa dapat berperan aktif dalam mengembangkan industri pariwisata.

“Tak hanya menjadi agen pariwisata yang siap untuk menyosialisasikan keberadaan destinasi wisata. Lebih dari itu, mahasiswa dapat mengembangkan ekonomi pariwisata setempat dengan kreativitas, misal pengembangan kuliner dan souvenir khas daerah wisatanya,” ungkap finalis Duta Kampus UMMI 2015.

LIHAT FOTO-FOTO