Bantu Para Pemudik, Mahasiswa D3 Keperawatan UMMI Berikan Layanan Kesehatan di Posko Kesehatan Oprasi Ketupat 2024
Bantu Para Pemudik, Mahasiswa D3 Keperawatan UMMI Berikan Layanan Kesehatan di Posko Kesehatan Oprasi Ketupat 2024

Bantu Para Pemudik, Mahasiswa D3 Keperawatan UMMI Berikan Layanan Kesehatan di Posko Kesehatan Oprasi Ketupat 2024

  • Ditulis oleh admin 2
  • pada Minggu, 07 April 2024

Sukabumi, ummi.ac.id – Mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) turut serta dalam kegiatan kolaborasi bersama Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi. Kegiatan ini merupakan bagian dari Posko Kesehatan Kolaborasi selama Operasi Ketupat Lodaya 2024, yang berlangsung dari tanggal 4 April hingga 9 April 2024 di Gedung Juang Kota Sukabumi.

Kolaborasi ini melibatkan tenaga medis dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Sukabumi dan mahasiswa Program Studi D3 Keperawatan UMMI. Enam mahasiswa dari tingkat 1, 2, dan 3 setiap harinya bergabung dalam kegiatan ini. Mereka bertugas mengukur tanda-tanda vital seperti tekanan darah, nadi, pernapasan, suhu tubuh, dan memberikan edukasi kesehatan kepada pemudik dan masyarakat sekitar Gedung Juang Kota Sukabumi.

Erna Safariyah, M.Kep, Ketua Program Studi D3 Keperawatan UMMI, memberikan dukungan dan arahan yang penting dalam kegiatan ini.

"Sudah menjadi komitmen bersama, semua unsur di bidang kesehatan terlibat dan berkolaborasi untuk memberikan rasa aman dan nyaman dengan pelayanan kesehatan dalam menyambut lebaran yang aman," tuturnya

Beliau juga menyampaikan kegiatan ini tidak hanya dalam rangka menumbuhkan kepedulian dan rasa empati terhadap sesama sebagai wujud penerapan nilai-nilai kemanusiaan  pada mahasiswa keperawatan dalam kehidupan sehari-hari.

"Kedepannya kami berharap kegiatan ini akan menjadi agenda rutin dan dapat direcognisi sebagai bagian dari kegiatan MBKM" tambahnya

Selain itu, Nasywa Dzakiyyah Aliyah mahasiswa D3 Keperawatan UMMI, mengungkapkan kebahagiannya bisa terlibat dalam kegiatan ini.

"Senang bisa terlibat, soalnya ini pengalaman baru dan juga memperluas wawasan karena bertemu dengan kakak-kakak PMI Kota dan perawat PPNI Kota," ujarnya. Hingga hari kedua, penugasan mahasiswa berjalan lancar tanpa kejadian yang signifikan, dan mereka berharap semuanya tetap lancar hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjaga kesehatan pemudik dan masyarakat sekitar agar dapat menjalani perjalanan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri dengan kondisi yang baik.