Antusiasme Warga Sangat Tinggi, Ribuan Jamaah Padati Kampus UMMI Laksanakan Ibadah Idul Fitri
Antusiasme Warga Sangat Tinggi, Ribuan Jamaah Padati Kampus UMMI Laksanakan Ibadah Idul Fitri

Antusiasme Warga Sangat Tinggi, Ribuan Jamaah Padati Kampus UMMI Laksanakan Ibadah Idul Fitri

  • Ditulis oleh Humas UMMI
  • pada Minggu, 23 April 2023

Sukabumi, ummi.ac.id – Ribuan jamaah shalat idul fitri yang digelar di kampus UMMI pada Jumat (21/04/2023) membludak hingga ke jalan R. Syamsudin S.H. Pihak kampus serta Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Sukabumi pastikan sudah menyediakan tempat yang dapat menampung hingga 4000 jamaah, namun tak disangka antusiasme warga sangat tinggi sehingga jalan R. Syamsudin S.H harus menjadi tempat ibadah shalat idul fitri bagi jamaah laki-laki yang tidak mendapat tempat di dalam kampus.

Meski shalat dimulai pukul 7 WIB namun para jamaah sudah memasuki kawasan kampus sejak pukul 5 pagi. Rata – rata jamaah yang hadir merupakan masyarakat Kota Sukabumi dan sekitranya. 

Khotib atau Imam yang bertugas pada shalat idul fitri kali ini adalah Dr. H. Dadang Syaripudin, M.A yang merupakan wakil ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Wilayah Jawa Barat. Dalam khutbahnya Ia menyampaikan mengenai waktu dalam beribadah seperti sholat, haji, hingga imsak, dan waktu puasa dimana waktu-waktu ibadah tersebut sudah ditentukan. Dr. H. Dadang mengatakan, “dulu tidak dikenal adanya hisab, adanya jawal solat maupun jadwal imsakiyah, sebab perhitungan belum dikuasai ummat islam khususnya perhitungan astronomi, namun hari ini berbeda, kita tak perlu mellihat matahari dulu untuk melaksankan ibadah.” Khutbah pun ditutup dengan doa lantunan bersama yang dipimpin langsung oleh khotib.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Sukabumi, H. Ade Rahamtullah, S.Ag merasa bersyukur sebab pelaksanaan shalat idul fitri ini bisa digelar di kampus UMMI. Ia menerangkan bahwa Pimpinan Daerah Muhammadiyah akan semaksimal mungkin memfasilitasi para jamaah untuk dapat melaksanakan sholat ini dengan khidmat. ” Semoga apa yang sudah kita laksanakan dibulan ramadhan siang dan malamnya dapat meningkatkan derajat kita menjadi derajat yang muttaqin dan semoga ibadah kita Allah terima Allah,” tutup Ade.