Sambut Bulan Suci : UMMI Gelar Tarhib Ramadhan
Sambut Bulan Suci : UMMI Gelar Tarhib Ramadhan

Sambut Bulan Suci : UMMI Gelar Tarhib Ramadhan

  • Ditulis oleh Humas UMMI
  • pada Selasa, 14 Maret 2023

Sukabumi, ummi.ac.id - Menyambut bulan ramadhan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) menggelar pengajian qobla ramadhan yang diselenggarakan di Masjid Al-UMMI pada Selasa (14/03/2023). Kegiatan ini menghadirkan H. M. Rizal Fadillah, S.H. dan mengusung tema “Tarhib Ramadhan”. 

Serupa dengan namanya, pengajian ini merupakan program rutin tahuhan yang dilaksanakan sebelum bulan ramadhan. Program ini diinisiasikan oleh Lembaga Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) UMMI sebagai ajang silaturahmi di kalangan civitas akademik UMMI. 

Tak hanya tendik dan dosen, perwakilan dari, Badan Pembina Harian (BPH), Pimpinan Daerah Aisyiah serta Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sukabumi pun turut menghadiri kegiatan ini. Antusiasme para jamaah terbilang tinggi, hal tersebut dapat dilihat dari cukup padatnya area dalam serta luar masjid oleh para jamaah.

Dalam pemaparannya, H. M. Rizal Fadillah, S.H. mengutip Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 183 yang menjelaskan mengenai kewajiban berpuasa. “Puasa itu wajib, dan bagi yang menjalankannya akan mendapat Rahmat dan Berkah dari Allah,” ujar H. Rizal, ia juga menegaskan untuk tak menyia-nyiakan bulan ramadahan dengan melakukan aktivitas yang justru tidak bermanfaat.

Senada dengan yang dipaparkan oleh H. Rizal, Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd mengingatkan jamaah agar terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan menjelang bulan ramadhan. “Mari kita persiapkan diri kita untuk menghadapi bulan ramadhan,” imbuhnya, ia berharap Allah selalu memberikan rahmat dan kekuatan bagi ummat muslim yang akan menjalankan ibadah puasa.