UMMI Menjadi Kampus Percontohan PKM dan PPK Ormawa. Kok Bisa? 
UMMI Menjadi Kampus Percontohan PKM dan PPK Ormawa. Kok Bisa? 

UMMI Menjadi Kampus Percontohan PKM dan PPK Ormawa. Kok Bisa? 

  • Ditulis oleh Humas UMMI
  • pada Sabtu, 25 Februari 2023

Sukabumi, umm.ac.id - Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) menjadi tuan rumah kegiatan pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK ORMAWA) yang diselenggarakan oleh LLDIKTI Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) wilayah 4 Jabar-Banten pada Rabu (22/02/2023) di auditorium UMMI. 

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari setiap perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah Sukabumi, Cianjur, Bogor, Depok, Cimahi, dan Bandung serta dapat disaksikan secara live melalui kanal Youtube LLDIKTI 4.
Menghadirkan Fatimah Sari Siregar, S.Pd., M.Hum. yang merupakan Tim Reviewer dan Tim Penyusun Pedoman PKM Belmawa, Harun Nasrullah selaku Tim Teknis dan Penyusun Pedoman PKM Belmawa serta Dr. Soecipto Tim IT dan PPK Ormawa Belmawa, serta Lela Lailatul Khumaisah, M.Si, dan Billyardi Ramdhan, S.Pd., M.Si sebagai Tim Task Force PKM dan PPK Ormawa di UMMI. Pelatihan ini menjadi langkah LLDIKTI wilayah 4 yang bekerja sama dengan UMMI dalam membantu perguruan tinggi swasta di wilayah 4 agar bisa lolos dan bersaing di kompetisi PKM dan PPK Ormawa. 

“Pelatihan ini diharapkan dapat memotivasi dan mendorong lebih banyak lagi perguruan tinggi yang lolos,” ujar Yayan Mulyana, M.M. yang merupakan ketua pelaksana kegiatan ini. Yayan menegaskan bahwa proposal atau ide yang diajukan haruslah inovatif, kreatif, serta bisa memecahkan permasalahan di masyarakat.

Di sisi lain, rektor UMMI, Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd. merasa terhormat sebab pada kesempatan ini UMMI dapat menjadi tuan rumah kegiatan pelatihan PKM dan PPK Ormawa, Sakti mengatakan bahwa kegiatan ini dapat menstimulasi pimpinan, dosen maupun mahasiswa dari setiap perguruan tinggi, “Semoga proposal yang dihasilkan dapat bermanfaat, juga bisa menghasilkan karya-karya yang dapat diberdayakan di masyarakat, selamat berjuang!,” tutup Sakti.

Sepanjang tahun 2020 hingga 2022, tim PKM UMMI berhasil mendapat pendanaan hingga dapat lolos PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) secara berturut-turut, hal tersebut tentu tak luput dari usaha dan kerja keras mahasiswa serta dosen, juga dukungan penuh dari kampus. 

Adapun prestasi yang diraih UMMI yaitu tahun 2020 UMMI berhasil mengirimkan 2 tim dan sukses mendapat medali perak poster serta menjadi PTS terbaik di wilayah Jabar dan Banten.
Tahun 2021 UMMI kembali lolos dengan mengirimkan 2 tim serta meraih medali perak kategori presentasi, dan menjadi PTS terbaik ke-2 nasional. 
Tahun 2022 UMMI turut berpartisipasi dan menjadi satu dari dua PTS di Jawa Barat dan Banten yang lolos PIMNAS.
Pada PPK Ormawa, pencapaian UMMI di tahun 2022 adalah menjadi finalis di 4 nominasi, yakni kategori Sistem Pendukung Perguruan Tinggi, Dosen Pendamping, Sistem Pendukung Organisasi Mahasiswa, dan Tim Pelaksana. UMMI sendiri sebelumnya meloloskan 5 tim dalam pendanaan PPK Ormawa tahun 2022.
Tentunya dengan suksesnya UMMI terutama dari tahun ke tahun membuktikan bahwa PTS juga dapat bersaing di kancah nasional bersama perguruan tinggi lain, sehingga diharapkan hal ini bisa menstimulasi PTS lain di Jawa Barat dan Banten untuk bisa mengukir prestasi di tingkat nasional.