77 Mahasiswa FKIP UMS Laksanakan KKN Dik di Sukabumi, UMMI Siap Bantu Fasilitasi
77 Mahasiswa FKIP UMS Laksanakan KKN Dik di Sukabumi, UMMI Siap Bantu Fasilitasi

77 Mahasiswa FKIP UMS Laksanakan KKN Dik di Sukabumi, UMMI Siap Bantu Fasilitasi

  • Ditulis oleh Humas UMMI
  • pada Selasa, 31 Januari 2023

Sukabumi, ummi.ac.id - 77 Mahasiswa  Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Siap Lasanakan KKN Dik di wilayah Sukabumi. UMMI yang merupakan perguruan tinggi mitra, siap membantu memfasilitasi kegiatan tersebut. Sebelum diterjunkan ke lapangan, 77 mahasiswa dikumpulkan di Aula UMMI dan disambut dengan gembira oleh Wakil Rektor I, Wakil Rektor 3, Dekan FKIP, serta dosen di kalangan FKIP UMMI. 

KKN Dik atau KKN Pendidikan  adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang dihadapi.

Seluruh mahasiswa sangat antusias untuk melaksanakan KKN, mereka juga sudah diberi pembekalan sebelum diberangkatkan ke Sukabumi. Kegiatan KKN ini dimulai sejak 30 Januari hingga 11 Maret 2023. 77 mahasiswa tersebut akan disebar ke beberapa Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) seperti sekolah-sekolah Mauhammdiyah di Sukabumi.

Dalam Sambutannya, Dekan FKIP UMMI mengucapkan terima kasih sebab dipilih menjadi mitra kegiatan KKN Dik khususnya di wilayah Jawa Barat. “Kami sudah carikan amal usaha untuk mahasiswa melaksanakan KKN Dik, InsyaAllah teman-teman betah,” Imbuhnya. 

Sistiana berharap dengan dilaksanakan KKN ini, seluruh mahasiswa bisa membantu memecahkan permasalahan yang ada di AUM dimana mahasiswa tersebut ditempatkan. Selain itu ia juga mengharapkan kerja sama ini dapat terus berlangsung. 

Disisi lain, Dosen FKIP UMS, Dr. Suranto, M.Pd juga merasa senang bisa bersiltaurahmi ke UMMI. “Setelah ditawari untuk memilih tempat KKN, Kami memilih ke Sukabumi sebab kota-kota di Jawa Barat tidak pernah mengecewakan, ujar Suranto. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada UMMI sebab telah menerima dan bermitra dengan UMS. “Kami harap kerjasama ini terus mendatangkan manfaat terutama bagi AUM di daerah-daerah, sebab KKN kami salah satu harapannya dapat mengembangkan AUM di daerah-daerah,” tutupnya.

Dr. Yuni Sriwahyuni, M.T selaku Wakil Rektor I UMMI turut menyambut kedatangan mahasiswa UMS. Dalam pemaparan singkatnya, ia memotivasi seluruh mahasiswa untuk tetap semangat melaksanakan KKN selama 40 hari kedepan. Selain itu Dr. Yuni pun mengenalkan bahwa daerah KKN yang ditempati juga dekat dengan wisata alam Sukabumi, sehingga suluruh mahasiswa tidak akan jenuh selama melaksanakan kegiatan KKN.