Pencegahahan DBD : Dosen Dan Mahasiswa UMMI Gelar Penyuluhan dan Cek Kesehatan Gratis Di Kelurahan Karamat Gunungpuyuh Kota Sukabumi
Pencegahahan DBD : Dosen Dan Mahasiswa UMMI Gelar Penyuluhan dan Cek Kesehatan Gratis Di Kelurahan Karamat Gunungpuyuh Kota Sukabumi

Pencegahahan DBD : Dosen Dan Mahasiswa UMMI Gelar Penyuluhan dan Cek Kesehatan Gratis Di Kelurahan Karamat Gunungpuyuh Kota Sukabumi

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Senin, 26 September 2022

Sukabumi, ummi.ac.id - Dalam rangka upaya pembentukan masyarakat yang sehat serta mendukung implementasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam pencegahan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), dosen dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) gelar penyuluhan di zona merah DBD Kota Sukabumi tepatnya di Kelurahan Karamat, Kecamatan Gunungpuyuh. Kota Sukabumi sendiri sampai akhir bulan Juni tahun 2022 ini tercatat ada 575 kasus dan sepuluh di antaranya meninggal dunia.

Penyuluhan ini dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa dari 3 program studi Universitas Muhammadiyah Sukabumi, yaitu S1 Keperawatan, Pendidikan Biologi, dan Kimia sebagai rangkaian kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun 2022 yang diketuai oleh Lela Lailatul Khumaisah, M.Si. Kegiatan ini juga merupakan bentuk tindak lanjut dari kegiatan sebelumnya mengenai Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Implementasi Biolarvasida Tumbuhan Lokal dan Budaya Hidup Sehat sebagai Upaya Preventif pada Zona Merah DBD Kota Sukabumi. Pada kegiatan ini, masyarakat diajak kembali untuk bisa menerapkan PHBS guna memutus mata rantai penyebaran DBD.

 

Dosen Program Studi S1 Keperawatan Hadi Abdillah S.Kep., Ners., M.MRS menuturkan bahwa memang sulit untuk menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari kalau memang tidak ada kemauan dari individu tersebut. "Yang membuat susah dalam penerapannya itu adalah kemauan. Jika tidak ada kemaun dari individu tersebut, maka pasti akan sulit,” ucap Hadi saat memaparkan materi penyuluhan yang bertempat di aula kelurahan Karamat (22/07/2022).

Selain penyuluhan PHBS, dilaksanakan juga kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis. Pemeriksaan kesehatan tersebut meliputi pemeriksaan tekanan darah dan suhu untuk mendeteksi awal gejala DBD, serta pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan gula darah, kolestrol, dan asam urat. Kegaiatan tersebut dihadiri langsung oleh Lurah Karamat Nandar Sanusi Sudrajat S.I.P, perwakilan Puskesmas Karang Tengah, Ikatan Kader Posyandu (IKP), perwakilan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), ketua RW, ketua RT, serta perwakilan warga masyarakat RW 03 Kelurahan Karamat.

 

Apresiasi disampaikan oleh Lurah Karamat kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Beliau berharap apa yang disampaikan oleh pemateri pada acara penyuluhan tersebut dapat dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari oleh seluruh warga masyarakat di Kelurahan Karamat.

“Semoga setelah penyuluhan ini, Bapak dan Ibu semuanya dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan bisa menyampaikannya kepada tetangga Bapak dan Ibu di sekitar tempat tinggal masing-masing,” ujar Nandar saat menyampaikan sambutan sekaligus pembukaan acara (22/072022).

Setelah diadakan kegiatan penyuluhan mengenai PHBS ini, diharapkan masyarakat dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari guna mencegah sekaligus menurunkan angka kasus DBD di Kota Sukabumi.