Kembangkan Perekonomian Desa, Akuakultur UMMI Bantu Melalui Program PHP2D
Kembangkan Perekonomian Desa, Akuakultur UMMI Bantu Melalui Program PHP2D

Kembangkan Perekonomian Desa, Akuakultur UMMI Bantu Melalui Program PHP2D

  • Ditulis oleh admin 2
  • pada Senin, 31 Januari 2022

PHP2D merupakan sebuah program pemberdayaan masyarakat yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Perikanan Fakultas Pertanian Universtias Muhammadiyah Sukabumi. Kegiatan PHP2D mengusung tema peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan mina padi ikan koi di desa nyalindung

Kegiatan PHP2D dilaksanakan di Kp Pasir Geude Rt 03/Rw 10, Desa Nyalindung, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi terletak di sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Takokak, Kabuapten Cianjur. Awalnya luas Desa Nyalindung hamper separuh dari luas wilayah Kecamatan Nyalindung dibagi menjadi 3 Desa yakni : Desa Nyalindung, Desa Mekarsari, dan Desa Kertaangsana.

Perekonomian yang ada di Desa Nyalindung merupakan asset yang besar bagi pertumbuhan perekonomian penduduk Desa. Pada saat ini kemampuan keuangan Desa masih mengandalkan bantuan dari pemerintah sementara untuk pendapatan asli desa (PAD) dan bantuan pihak ketiga masih dikatakan sangat kurang. Mayoritas penduduk Desa Nyalindung berprofesi sebagai petani. Selain itu, ada pula yang membuka usaha-usaha kios, warung, kerajinan, penggilingan padi, penggesekan kayu, bengkel motor, peternakan dan industry rumahan.

Menurut fajar Firdaus sebagai ketua pelaksana kegiatan php2d tersebut Pada tanggal 29 januari 2022 telah di laksanakan nya opening ceremony penebaran bibit ikan koi untuk mina padi di desa nyalindung menjadi Langkah awal dan kedepannya program ini bisa berhasil untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut kang epul selaku ketua pemuda kp. pasir gede. masyarakat kp pasir gede berharaqp dari kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut kang dedi selaku tokoh masyarakat .pada hari ini kita semua bersama banyak kegiatan yang pada intinya masyarakat kerja sama yang baik antara mahasiswa dan masyarakat yang akan melaksanakan mina padi agar dapat terus berkomunikasi dengan baik untuk kelancaran kegiatan mina padi.

Menurut bapak ujang jamjuru sebagai kepala desa nyalindung bahwasannya telah banyak program pemberdayaan masyarakat seblumnya namun masih beluum maksimal ,kegiatan memiliki tahapan-tahapan yang Panjang jadi masyarakat berharap agar dapat dilaksanakan secara maksimal, berkelanjutan, dan bisa berhasil untuk menjadi cikal bakal percontohan dan bisa di kembangaqn di seluruh desa.