Milad ke-2 : Manajemen Ritel UMMI Tumbuhkan Pembisnis Baru Era Revolusi Industri 4.0
Milad ke-2 : Manajemen Ritel UMMI Tumbuhkan Pembisnis Baru Era Revolusi Industri 4.0

Milad ke-2 : Manajemen Ritel UMMI Tumbuhkan Pembisnis Baru Era Revolusi Industri 4.0

  • Ditulis oleh admin 2
  • pada Sabtu, 15 Januari 2022

Program Studi Manajemen Retail Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) dalam rangka merayakan milad yang kedua menyelenggarakan Webinar dengan tema “Bisnis Retail 4.0 Untuk Kaum Milenial” pada hari Kamis (13/01/2022). Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara Prodi Manajemen Retail UMMI, Prodi Manajemen Retail UNISA Surakarta, dan Shopee. Adapun tujuan diadakan kegiatan webinar ini adalah agar peserta webinar mendapatkan ilmu pengetahuan serta info terkini terkait  peran dunia usaha dan dunia industri dalam menumbuhkan pebisnis baru di era revolusi industri 4.0, sehingga peserta webinar dapat termotivasi menjadi pebisnis baru.

“Saya mengucapkan selamat Milad yang ke-2 kepada Program Studi Manajemen Ritel, semoga yang dilaksanakan ini bisa bermanfaat khususnya bagi seluruh peserta dan juga manajemen ritel ini merupakan program studi yang baru dibuka 2 tahun lalu dan memiliki 3 program peminatan. Semoga dengan adanya prodi ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat sukabumi dan lainnya”. Ucap Dekan Fakultas Ekonomi Elan Eriswanto, S.E.,M.M.

Kegiatan ini dihadiri oleh 368 peserta meliputi dosen, mahasiswa, siswa dan umum melalui platfom zoom meeting dan youtube UMMI. Pada awal acara Prodi Manajemen Retail mengucapkan terimakasih kepada sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Universitas Diponegoro, dan Universitas Oriental Timor Lorosae yang telah mengirimkan video ucapan selamat milad.

“Di era revolusi industri 4.0, kita harus memposisikan pembeli adalah raja. Penjual harus memprioritaskan hal tersebut. Apalagi saat ini orang sudah melakukan jual beli secara elektronik dengan waktu yang tidak terbatas. Hal tersebut mampu mengefisienkan saluran distribusi dan meminimalisir biaya-biaya. Oleh sebab itu, revolusi industri 4.0 khususnya bagi bidang retail akan memiliki posisi yang kuat. Dengan demikian Program Studi Manajemen Retail diharapkan menjadi program studi unggulan yang akan semakin banyak peminatnya.” Ujar Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd selaku Rektor Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) sebelum membuka kegiatan webinar.

Memasuki sesi materi yang dipandu oleh Muh.Abdul Aziz, S.E., M.M selaku moderator.

Shopee memiliki program Kampus UMKM, ada empat fokus utama yang disampaikan yaitu terkait tips-tips fotografi, copywriting dalam menulis judul dan deskripsi produk, serta Shopee ekspor. “Salah satu program Shopee yaitu Program Revolusi Industri UMKM di Jawa Barat. Ada fasilitas Shopee Center dengan target 5000 desa. Di Jawa Barat Shopee telah bekerjasama dengan Gubernur Jawa Barat mengadakan Shopee Ekspor dimana Shopee sudah mengekspor produk-produk UMKM ke luar negeri. Dengan kehadiran infrastuktur digital di desa membuat perdagangan yang awalnya hanya di wilayah terbatas menjadi luas di seluruh Indonesia dan ke luar negeri. Sebagai contoh kopi dari Desa Megamendung dan kerajinan tangan dari UMKM Patriot Desa.” Ujar Billy Oktaflorian Soesviantoro selaku Bussines Development Analsyt PT Shopee International Indonesia.

“Dengan demikian diharapkan teman-teman mulai mendaftar dan membuka toko di Shopee agar dapat mengikuti Shopee Eksport tersebut. Ekspor dapat dilakukan ke 6 negara yaitu Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, Vietnam, dan Brazil. Ekspor tersebut bisa dalam partai kecil yang dapat meningkatkan penjualan teman-teman. Ditambah lagi bea cukai ditanggung oleh Shopee, operasional toko, dan penanganan jasa kirim juga dibantu.” Sambung Alfian Arasy Musthafa selaku Junior Associate Bussines Development Shopee International SME PT Indonesia.

“Revolusi industri 4.0 merupakan fenomena yang mengkolaborasikan teknologi siber dan teknologi otomatisasi,revolusi ini di kenal dengan istilah cyber physical system. Revolusi ini berpusat pada otomatisasi yang dibantu teknologi informasi dalam proses pengaplikasikanya. Dengan demikian efektivitas dan efisiensi pada suatu lingkungan kerja dengan sendirinya akanbertambah” ungkapnya Ilham Karin Rizkiawan, S.E., M.M. selaku Dosen Manajemen Retail Universitas Aisiyah Surakarta.

Kegiatan ini akhiri dengan sesi tanya jawab antara peserta dan narasumber lalu masing-masing penanya mendapatkan door prize berupa saldo shopeepay.