Tingkatkan Tridarma Perguruan Tinggi, Universitas Majalengka Jalin Kerjasama dengan  UMMI
Tingkatkan Tridarma Perguruan Tinggi, Universitas Majalengka Jalin Kerjasama dengan  UMMI

Tingkatkan Tridarma Perguruan Tinggi, Universitas Majalengka Jalin Kerjasama dengan  UMMI

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Rabu, 01 Desember 2021

Sukabumi, ummi.ac.id - Guna meningkatkan sistem pendidikan di tingkat perguruan tinggi, Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) dan Universitas Majalengka (UNMA) melakukan kerja sama Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, serta mendukung program Merdeka Belajar — Kampus Merdeka.

Dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat memberikan dampak yang baik dalam sistem pendidikan dan bermanfaat bagi sivitas akademik bagi kedua universitas ini.
“Saya percaya bahwa penggabungan kecerdasan, penggabungan institusi dalam wujud kerja sama yang konstruktif, kerja sama yang saling meningkatkan kemampuan kita masing-masing terus bisa kita jalin, dan bisa mengenal mitra-mitra kerja sama kita,” ungkap Rektor Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) Dr. Sakti Almsyah, M.Pd., pada acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang berlangsung di kampus UMMI (29/11/21).

Selain MoU antara UMMI dan UNMA pada kesempatan sama berlangsung Perjanjian Kerjasama (PKS) Fakultas Pertanian (Faperta) UMMI dan Faperta UNMA serta Implementations Agriment (IA) Program Studi (prodi) Agribisnis UMMI dengan  prodi Agribisnis UNMA.

Ketua Prodi Agribisnis UMMI, Dr. Ema Hilma Meilani. M.P.., menjelaskan, bahwa banyak hal-hal yang dapat dipelajari bersama Agribisnis UNMA dan kedepannya bisa dinikmati oleh mahasiswa Agribisnis kedua universitas.

Dengan kerja sama yang terjalin, diharapkan prodi Agribisnis UMMI dan UNMA  bisa semakin bermutu dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas untuk siap bekerja. 
“Kedepannya kita terus meningkatkan pendidikan karena prodi mendapatkan tantangan cukup banyak, seperti revolusi industri 4.0,” jelas Ema.

“Antusias dan mengharapkan bahwa kerja sama dalam era Merdeka Belajar — Kampus Merdeka, Agribisnis Faperta UMMI dan UNMA  harus mampu melaksanakan, di antaranya, pertukaran pelajar serta pertukaran dosen yang memberi kesempatan bagi mahasiswa menimba ilmu dan memperluas wawasan serta persahabatan.” Lanjut Ema.

Ema menambahkan, bahwa untuk menghasilkan perguruan tinggi yang baik, universitas harus bisa menghasilkan lulusan yang dibutuhkan dan mampu menghadapi tantangan di dunia kerja.

Sebelumnya, UMMI dan UNMA sudah ada beberapa pertemuan dan kerja sama dengan fakultas Pertanian kedua universitas.

Dekan Fakultas Pertanian UMMI, Dr. Amalia Nur Milla, M.P., mengungkapkan setelah beberapa kerja sama yang sudah terjadi selanjutnya Faperta UMMI dan UNMA  bisa mulai dengan program-program lainnya, “Kita bisa memulai dari yang paling hangat dibicarakan akhir-akhir ini mengenai adanya Kampus Merdeka, dimana mahasiswa kita dapat pilihan untuk mengambil ataupun menyelesaikan perkuliahannya bukan hanya di program studinya, tapi juga di program studi lain, bahkan juga di perguruan tinggi lain.”

Selain kerja sama di bidang pembelajaran, kedua kampus ini juga kedepannya bisa bekerja sama untuk kegiatan lainnya. “Kami rasa dengan kita bekerja sama antara institusi ini juga bisa membuat program-program sinergitas, seperti penerbitan jurnal bersama, melakukan konferensi bersama, ataupun seminar bersama dengan sumber daya masing-masing kita untuk saling melengkapi,” ucap Amalia.

Acara ini dihadiri juga oleh Lembaga Kerjasama dan Hubungan internasional (LKHI) UMMI, Dekan, Wakil Dekan, Kaprodi, dosen, serta jajaran dari masing-masing kampus.

MoU ditandatangani oleh Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd selaku Rektor UMMI dan Prof. Dr. Ir. H. Sutarman, M.Sc selaku Rektor UNMA.

“Kami berharap kerja sama ini juga bisa dalam bentuk kegiatan lainnya,” tutup Amalia.