Achmad Fahmi Lepas 677 Mahasiswa UMMI Ikuti KKN Tematik 2021
Achmad Fahmi Lepas 677 Mahasiswa UMMI Ikuti KKN Tematik 2021

Achmad Fahmi Lepas 677 Mahasiswa UMMI Ikuti KKN Tematik 2021

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Rabu, 21 Juli 2021

Sukabumi, ummi.ac.id – Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) Tahun 2021 yang telah rutin diagendakan setiap tahunnya. Pelaksanaan KKN Tematik UMMI Tahun 2021 diawali dengan kegiatan pelepasan peserta secara daring (online) dari seluruh program yang telah disusun dari dosen-dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi. “Dengan mengucap bismillah, kegiatan KKN Tematik UMMI 2021 resmi dimulai” ucap Dr. Yuni Sri Wahyuni, M.T., wakil rektor 1 membuka kegiatan tersebut pada Rabu (21/7/21).

Hadir pula Walikota Sukabumi, H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd, melalui rekaman video pada saat kegiatan berlangsung,  Achmad Fahmi menyampaikan sambutan dan arahannya kepada segenap peserta yang hadir di ruangan daring melalui aplikasi Zoom meeting.

“Dalam kondisi pandemi Covid-19 dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang masih ada dan dengan adanya perpanjangan PPKM Level 4, penting sekali peranan mahasiswa sebagai peserta KKN dalam menjalankan program yang menunjang kebermanfaatan bagi masyarakat, termasuk salah satunya adalah sebagai “Duta Kesehatan”. Fungsi dari duta ini adalah menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan (prokes) serta vaksinasi bagi masyarakat agar lebih peduli dan paham terkait hal tersebut,” tutur Achmad Fahmi.

Pada kegiatan pelepasan ini, turut hadir seluruh pimpinan lembaga di Universitas Muhammadiyah Sukabumi, beserta pimpinan Fakultas dan Program Studi. Kegiatan yang dimulai pada pukul 9 pagi, dipandu oleh panitia sebagai pembawa acara, Muhammad Khairul Amal. Dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh salah satu peserta KKN Tematik UMMI, Muhamad Yusup yang juga merupakan mahasiswa PJKR. Sebelum acara sambutan dan pelepasan berlangsung, dilakukan pemaparan laporan singkat terkait pelaksanaan kegiatan KKN Tematik UMMI Tahun 2021 oleh ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UMMI, Asep Muhamad Ramdan, S.E., M.M.

Secara keseluruhan, kegiatan KKN Tematik UMMI tahun 2021 ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Pasalnya, kegiatan KKN kedua pada masa pandemi ini, berlangsung secara blended atau dilakukan secara daring dan luring. Dalam pelaksanaanya, setiap mahasiswa diharapkan untuk mampu beradaptasi dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Kegiatan KKN Tematik UMMI Tahun 2021 yang bertemakan “Perilaku Kebiasaan Baru untuk Pemulihan di Masa Pandemi” ini meliputi 8 program utama dengan melibatkan delapan orang koordinator program, 26 Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan 677 peserta dari mahasiswa UMMI minimal semester 6 (enam) yang dilaksanakan pada 13 kecamatan dan 42 desa di wilayah Kabupaten Sukabumi serta 7 kecamatan dan 33 kelurahan di Kotamadya Sukabumi, di mana setiap kelompok tidak lebih dari 11 peserta guna memaksimalkan peranan peserta KKN dalam memberikan dampak kepada masyarakat yang tentunya sesuai dengan protokol kesehatan dan arahan dari Satgas Penanganan COVID-19.

Acara ditutup dengan pelepasan secara simbolik, yaitu penyerahan dan pemakaian atribut dari koordinator program kepada pewakilan peserta yang berupa rompi KKN Tematik UMMI Tahun 2021 berwarna merah.