In House Training Peningkatan Kompetensi Dosen Dalam Pengembangan Desain Pembelajaran
 In House Training  Peningkatan Kompetensi Dosen Dalam Pengembangan Desain Pembelajaran

In House Training Peningkatan Kompetensi Dosen Dalam Pengembangan Desain Pembelajaran

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Selasa, 27 April 2021

Sukabumi, ummi.ac.id- Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) telah melaksanakan kegiatan In House Training (IHT) Desain Pembelajaran yang diselenggarakan selama 3 hari dimulai pada tanggal 22 s.d. 24 April 2021 secara Daring (Dalam Jejaring). Kegiatan tersebut terselenggara berkat Kerjasama antara UMMI dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah 4 (LLDIKTI 4) Jawa Barat dan banten.


Kegiatan IHT Desain Pembelajaran yang telah diikuti sebanyak 49 peserta ini bertujuan untuk menambah wawasan para tenaga pendidik Universitas Muhammadiyah Sukabumi dalam hal perencanaan pembelajaran, penguasaan pembelajaran baik secara daring maupun luring dan juga dalam meningkatkan kompetensi pedagogik para dosen.

Selain peserta internal UMMI, kegiatan ini juga telah diikuti oleh 21 Perguruan tinggi lainnya yang ada di Indonesia, antara lain dari Subang, Ciamis, Bandung, Depok, Cilegon, Banteng, Kuningan, Kalimantan Barat dan Juga Papua.


Rangkaian acara kegiatan IHT ini meliputi materi yang disampaikan oleh para ahli di bidang Pendidikan dan Kurikulum yakni 1) Prof. Dr. Dedi  Mulyasana, M.Pd; 2) Prof. Dr. Hj. Euis Eti Rohaeti, M.Pd; 3) Dr. Reny Sukmawani  M.P. dan 4) Dr. R. Sri Widaningsih, M.Pd. para ahli di bidang Pendidikan dan Kurikulum tersebut ditugaskan oleh LLDikti 4 untuk menyampaikan berbagai materi yang sangat mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas antara lain materi Konsep Pengembangan Kurikulum di Perguruan Tinggi KKNI, Teori dan metode pembelajaran berbasis SCL serta Keterampilan dasar Mengajar, Desain Pembelajaran dan Analisis Kompetensi dan Penyusunan RPS (Mekanisme, Prosedur Pengembangan serta materi Penilaian Hasil Belajar, Perencanaan, Kisi-kisi & Konstruksi Soal. Selain kegiatan penyampaian materi, para peserta juga diharuskan melaksanakan praktek bagaimana dia mengajar (peer teaching) dan juga mengumpulkan tugas perencanaan pembelajaran dari mulai dokumen F1 s.d. F5.


Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan Kualitas pembelajaran yang ada di UMMI dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para masyarakat dalam hal ini para Mahasiswa. Dan UMMI akan terus selalu meningkatkan kualitas pembelajaran dan pelayanan terhadap Masyarakan sebagai bentuk komitmen pimpinan dalam mewujudkan visi dan misi UMMI yakni mewujudkan UMMI yang unggul dalam keilmuan dan keislaman.