Gelar Latihan Kepemimpinan Mahasiswa BEM FAPERTA UMMI Menuju Faperta Memajukan Bangsa.
Gelar Latihan Kepemimpinan Mahasiswa BEM FAPERTA UMMI Menuju Faperta Memajukan Bangsa.

Gelar Latihan Kepemimpinan Mahasiswa BEM FAPERTA UMMI Menuju Faperta Memajukan Bangsa.

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Selasa, 06 April 2021

Sukabumi, ummi.ac.id - Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Muahmmadiyah Sukabumi menyelenggarakan Kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) yang di laksanakan pada tanggal 2 - 4 April 2021, kegiatan ini ada beberapa rangkaian kegiatan yaitu Webinar Internasional dan Latihan Kepemimpinan. 

Webinar Internasional di laksanakan pada hari Jum'at tanggal 2 April 2021 dengan bertemakan "regenerasi kepemimpinan KBM faperta untuk memajukan bangsa" di isi oleh narasumber yang luar biasa yaitu Mohammad Rokib ( ketua PCIM Jerman), AKBP. Sumarni, S.I.K., S.H., M.H ( Kapolres Kota Sukabumi) dan Dr. Robin Bahari, S.Pi., M.Pi (Wakil Dekan Fakultas Pertanian).

Kegiatan Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggua tanggal 3-4 April 2021, yang bertema "Recovery Semangat Berorganisasi Untuk KBM FAPERTA Berkemajuan" dilaksanakan di gedung widaria kencana tentunya dengan memenuhi protokol kesehatan dan ijin dari pemerintah setempat. 

Adapun materi yang di berikan kepada peserta diantaranya IPTEK, Retorika, Trias politika dan Administrasi. Di isi oleh pemateri pemateri - pemateri yang kompeten yaitu Bapak Rizki Zaenudin, S.Pi., Bapak Yandra Utama Santosa S.P., Bapak Yana Fajar FY. Basori, S.Ag., M.Si dan Muhamad Firdaus, M. Eng (Ketua PCIM Jepang).

Fakultas Pertanian merupakan salah satu fakultas yang ada di Universitas Muhammadiyah Sukabumi yang mempunyai dua program studi yaitu Agribisnis dan Akuakultur. Sebagai lembaga pendidikan tentunya tidak lepas dari peran mahasiswa yang menjadi objek pembelajaran, sehingga mahasiswa di tuntut untuk menguasai kedisiplinan ilmu yang mempuni, namun terkadang ada kecenderungan bahwa mahasiswa kurang menyadari akan perannya sebagai mahasiswa, hal ini di sebabkan karena kebanyakan orang hanya berorientasi terhadap kewajiban yang pertama yaitu kuliah tanpa memperhatikan dan memperdulikan peran lainnya yang tak kalah penting. 

"Predikat atau sebutan mahasiswa itu harus mempunyai tanggung jawab dan kontribusi yang sangat besar terhadap masyarakat, apalagi pada saat ini dunia sedang di landa bencana yang berkepanjangan, saat pandemi covid-19 ini tentunya mahasiswa harus mampu berperan dan ikut berkontribusi menciptakan suatu inovasi dan mencari solusi terhadap permasalahan dalam sektor pertanian dan perikanan, sehingga nantinya akan mampu meningkatkan ekonomi petani dan nelayan. Dalam menyikapi hal tersebut maka kita dari panitia kegiatan memberikan materi tentang IPTEK yang di isi oleh ketua PCIM Jepang. " ucap Bilal Ketua BEM Faperta UMMI.

Berkaitan dengan hal tersebut Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sukabumi Tidak bisa terlepas dari fungsi-fungsi lembaga kemahasiswaan, aktivis dan kreatifitas mahasiswa dapat tertampung dalam lembaga kemahasiswaan tersebut. Di dalam lembaga tersebut mahasiswa akan di latih dalam keahlian-keahlian seperti keorganisasian, kemasyarakatan, dan bakat minat mahasiswa, sehingga pada saat mahasiswa terjun langsung kepada kemasyarakat mahasiswa mampu memposisikan fungsinya secara dinamis. 

"Mahasiswa merupakan aset bangsa yang perlu dibina dan di kembangkan. keberlangsungan suatu bangsa untuk masa yang akan datang sangat bergantung kepada generasi muda salah satunya yaitu mahasiswa yang ada pada saat ini, oleh karena itu mahasiswa perlu di bekali dengan berbagai keahlian seperti keahlian dalam keorganisasian, manajemen dan kepemimpinan". tegasnya Bilal Ketua BEM FAPERTA UMMI.