Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Fakultas Pertanian UMMI Luncurkan Program Pertukaran Pelajar untuk Prodi Agribisnis dan Akuakultur
Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Fakultas Pertanian UMMI  Luncurkan Program Pertukaran Pelajar untuk Prodi Agribisnis dan Akuakultur

Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Fakultas Pertanian UMMI Luncurkan Program Pertukaran Pelajar untuk Prodi Agribisnis dan Akuakultur

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Kamis, 25 Februari 2021

Sukabumi, ummi.ac.id -  Rabu (24/2/21) Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) menggelar pembekalan program pertukaran pelajar sebagai implementasi kurikulum MBKM yang diikuti oleh  Prodi di Fakultas Pertanian UMMI yaitu Prodi Agribisnis (terakreditasi A) dan Prodi Akuakultur (terakreditasi B). Kegiatan Pertukaran pelajar ini akan di mulai pada semester genap 2020/2021 bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran dan Fakultas Pertanian Universitas Djuanda. 

Dalam Program ini 6 orang mahasiswa Prodi Agribisnis dan 2 orang mahasiswa Prodi Akuakultur mengikuti pertukaran pelajar di Prodi Agribisnis Faperta  UNPAD dan satu orang mahasiswa Prodi Akuakultur Unida mengikuti Pertukaran Pelajar di Prodi Akuakultur Faperta  UMMI. Pembekalan Pertukaran Pelajar laksanakan agar mahasiswa Faperta siap untuk belajar di Prodi Agribisnis UNPAD.

Menurut dekan Fakultas pertanian UMMI Dr. Amalia Nur Milla, MP. saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu bentuk implementasi kurikulum kampus merdeka merdeka belajar (MBKM) yang merupakan salah satu program unggulan Menteri pendidikan dan kebudayaan Nadiem Makarim. Menurutnya UMMI juga telah mengeluarkan pedoman umum implementasi kurikulum MBKM dalam lingkup universitas yang disambut dengan penyesuaian kurikulum oleh semua program studi di UMMI.

Sebagai langkah awal, Fakultas Pertanian UMMI pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 mulai mengipmplementasikan kegiatan MBKM melalui penyesuaian kurikulum pada Prodi Agribisnis dan Prodi Akuakultur yang sudah dapat menerapkan kurikulum MBKM “Saya sangat senang karena beberapa mahasiswa kami memiliki tekad untuk mengikuti program pertukaran pelajar ini dan berharap dmahasiswa dapat meningkatkan kompetensinya hingga berdaya saing” tegas Dr. Amalia saat membuka kegiatan pembekalan program pertukaran pelajar secara daring.

Lebih lanjut Dr. Reny Sukmawani selaku pemateri terus memberikan motivasi kepada mahasiswa faperta ummi untuk mengambil program-program yang terkait dengan implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Menurutnya dengan dilaksanakannya program pertukaran pelajar merupakan salah satu bentuk upaya Fakultas Pertanian dalam memenuhi salah satu indicator akreditasi yang tertuang dalam Indikator Kinerja Utama (IKU) sebagai salah satu penunjang utama peningkatan pemeringkatan Universitas saat ini. keberhasilan Fakultas pertanian menjalankan kerjasama dengan Universitas Padjajaran yang merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dapat menjadi motivasi bagi Fakultas Pertanian UMMI untuk terus mengembangkan diri dalam hal pendidikan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan.

“Kami bersyukur pihak Fakultas Pertanian Unpad dengan sangat koperatif menyambut usulan Faperta UMMI untuk secara bersama-sama mengimplementasikan program pertukaran pelajar ini” ucap Dr. Reny yang merupakan dosen Agribisnis dan Wakil Rektor I Universitas Muhammadiyah Sukabumi  periode 2009-2020 saat mengisi pembekalan.

Dr. Ema Hilma meilani yang didaulat sebagai pengisi materi pembekalan selanjutnya menekankan pentingnya mahasiswa yang mengkuti program pertukaran pelajar ini untuk mengambil pelajaran sebanyak-banyaknya di Universitas Padjadjaran, termasuk memahami kultur akademik yang kemungkinan akan berbeda dengan UMMI serta hal-hal positif lainnya. Dr. Ema yang juga sebagai pembimbing  mahasiswa dalam program ini menegaskan bahwa meskipun program pertukaran pelajar hanya salah satu bagian dari 8 program lain yang tertuang dalam program MBKM namun hal ini merupakan pionir pelaksanaan MBKM dalam lingkup Universitas Muhammadiiyah Sukabumi, sehingga diharapkan seluruh mahasiswa yang mengikuti program tersebut agar tetap bersemangat dan serius sehingga dapat menjadi contoh bagi pelaksanaan program MBKM selanjutnya.

Seperti diketahui bersama bahwa program Merdeka belajar Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil.