Memperingati Milad ke 1, Manajemen Ritel UMMI Gelar Webinar “Peran Masyarakat Retail dan UMKM Dalam Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional di Masa Pandemi”.
Memperingati Milad ke 1, Manajemen Ritel UMMI Gelar Webinar “Peran Masyarakat Retail dan UMKM Dalam Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional di Masa Pandemi”.

Memperingati Milad ke 1, Manajemen Ritel UMMI Gelar Webinar “Peran Masyarakat Retail dan UMKM Dalam Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional di Masa Pandemi”.

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Jumat, 19 Februari 2021

Program Studi Manajemen Retail Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sukabumi melaksanakan kegiatan MILAD dan Webinar yang bertemakan  “Peran Masyarakat Retail dan UMKM Dalam Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Nasional di Masa Pandemi”. 

Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan tersebut, yaitu untuk mendapatkan wawasan atau ilmu pengetahuan serta info terkini terkait peran masyarakat retail dan UMKM dalam meningkatkan ketahanan ekonomi nasional di masa pandemic dan juga untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha bagi para pelaku UMKM dan industri retail di Indonesia.

Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui aplikasi zoom meeting. adapun peserta yang mendaftar berjumlah 352 orang, yang dimana peserta tersebut terdiri dari 91 dosen, 233 mahasiswa dan 28 orang dari umum. Adapun yang hadir dalam kegiatan webinar melalui Zoom Meeting, yaitu: 219 orang, baik dari dosen dan mahasiswa yang berasal dari 55 Perguruan Tinggi Se-Indonesia.

Sedangkan  untuk peserta umum, terdiri dari SMKN 1 Sagaranten, PSA Cisurupan Garut, PT GMP, Lembaga Penerbangan Dan Antariksa Nasional, Hasbuka Mart, Pendamping Sosial, Trompah Grosir, Cv. Agung Dipo Persada, Peneliti Koperasi, Usaha Riteil, Reysha_Food_Sukabumi, Ternak Ayam, Bank BJB, Kantor Pencarian Dan Pertolongan Yogyakarta, Universitas Terbuka , SMAN 56, IAI BBC, SMP Negeri 3 Jati Agung, Dinasbkoperasi, Konsultan UMKM, Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi, dan SMAN 1 Sukatani.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Rektor UMMI . Setelah acara dibuka, Rektor Universitas Muhammadiyah Sukabumi beserta Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 2, dan Wakil Rektor 3 menyampaikan ucapan MILAD kepada Program Studi Manajemen Retail melalui video yang diputar sebelum kegiatan webinar dimulai. Selain itu, beberapa PTM lainnya juga menyampaikan  ucapan MILAD untuk Program Studi Manejemen Retail. (11/2/21).


Materi pertama  yang berjudul “Usaha Kecil Menengah” membahas tentang UMKM disampaikan oleh Kadis Koperasi Usaha Mikro, Perindustrian dan perdagangan Kota Sukabumi (H. Ayi Jamiat, S.STP., M.Si) yang merupakan perwakilan Bapak Walikota Sukabumi disebabkan mendadak berhalangan.


Kemudian pemateri ke-2 yaitu Prof. Dr. Anton Agus Setyawan yang merupakan Wakil Dekan Akademik FEB Universitas Muhammadiyah Surakarta yang menyampaikan materi tentang Peran Industri Retail bagi Perekonomian Nasional. Beliau membahas mengenai Industri Ritel dan perkembangan UMKM Indonesia, yaitu : banyak ritel di Indonesia yang masuk kategori UMKM, misalnya: pedagang, pasar tradisional, bisnis kuliner kecil, dan mikro. Mereka berperan penting terkait dengan rantai pasok komoditas pangan di Indonesia.

setelah seluruh rangkaian acara Webinar selesai, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng Milad Prodi Manajemen Retail yang dilakukan oleh Dekan FE UMMI kepada Ketua Prodi Bapak Ade Sudarma, S.E., M.M.