BEDAH BUKU KARYA REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI, dengan judul “Membumikan Pelajaran Akuntansi Sebagai Rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial.
BEDAH BUKU KARYA REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI, dengan judul “Membumikan Pelajaran Akuntansi Sebagai Rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial.

BEDAH BUKU KARYA REKTOR UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUKABUMI, dengan judul “Membumikan Pelajaran Akuntansi Sebagai Rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial.

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Jumat, 12 Februari 2021

      Universitas Muhammadiyah Sukabumi bekerja sama dengan UPT Perpustakaan UMMI menggelar acara bedah buku yang ditulis langsung oleh Rektor UMMI Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd. dan dihadiri oleh viewers buku dan kepala LLDIKTI wilayah IV secara virtual. 

Viewers buku tersebut yaitu Prof. Dr. Bibin Rubini, M.Pd  (Rektor Universitas Pakuan Bogor) sedangkan kepala LLDIKTI Wilayah IV yaitu Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd.


Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd selaku kepala LLDIKTI Wilayah IV memberikan tanggapan dan menyampaikan “Dengan penulisan buku membumikan Pelajaran Akuntansi Sebagai Rumpun Ilmu Pengetahuan Sosial tidak hanya menyangkut mata pelajaran secara tekstual yang bisa dibaca tapi buku ini merupakan pelajaran yang sangat luar biasa terutama dalam membangun pertanggung jawaban. Tanggung jawab kaitannya dengan jujur, jujur kaitannya dengan pemahaman-pemahaman yang sangat kuat dengan peraturan-peraturan yang ada. Oleh karna itu bukan hanya budaya akademik bukan hanya budaya mutu tapi budaya kejujuran ini perlu dikembangkan. Dan saya menyambut baik dengan penulisan buku ini karna bukan hanya menyangkut konten tapi menyambut bagaimana kita transfer knowlage saja tidak cukup tetapi transfer okalset yang harus dibangun di negeri ini terutama bukan hanya orang-orang tinggi yang kita butuhkan bukan hanya orang-orang pintar yang kita butuhkan tetapi bagaimana keterampilan dibangun dengan sebuah kejujuran akuntansi hakekatnya adalah pembelajaran perilaku kita yang harus senantiasa jujur. Boleh kita mencari jalan keluar tetapi akuntansi memberikan pembelajaran tidak boleh kita keluar dari jalan.” (Ujar Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd secara virtual)


Prof. Dr. Bibin Rubini, Mp.Pd selaku reviewers buku ini menyampaikan,  “ada yang menarik bila kita menyimak buku ini, bahwa pendidikan IPS bukan hanya bagaimana kita menstranfer tentang sosial sains bukan hanya mentransfer tentang skill tetapi yang utama adalah bagaimana mentransfer tentang karakter, filiyu. Dan yang lebih menarik lagi bahwa buku ini dikaitkan dengan nilai-nilai agama, ada yang memang penting kita tanamkan sebagai nilai-nilai religious dan juga dikaitkan dengan nilai-nilai dasar kemanusiaan. Minimal ada 5 yang ditanamkan disitu yaitu tentang kejujuran, kebenaran, keadilan, disiplin, tangung jawab. Dan saya mengajak Bacalah Buku ini agar semua pesan yang disampaikan oleh penulis ini bisa kita resapi dan bisa kita maknai sebagai pendidikan secara Holistik.” (Ujar Prof. Dr. Bibin Rubini, M.Pd secara virtual)


Prof. Dr. Bibin Rubini, M.Pd  dan Prof. Dr. Ir. Uman Suherman AS, M.Pd memberikan apresiasi buku karya Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd karena Buku ini tidak hanya membahas tentang akuntansi saja tapi juga membahas dari segi agama yang dimana akuntansi ini menjadikan manusia agar  jujur, bertanggung jawab demi kemaslahatan bersama.


Buku ini akan beredar luas melalui jaringan toko buku dan beberapa sekolah tingkat SMA sederajat dan perkuliahan.  


Acara “BEDAH BUKU Membumikan Pelajaran Akuntansi Sebagai Rumpun IPS” ini bertempat di ruang Auditorium Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Rabu 10/02/2021.