Mahasiswa Pendidikan Biologi UMMI Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional
Mahasiswa Pendidikan Biologi UMMI Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Mahasiswa Pendidikan Biologi UMMI Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Minggu, 25 Oktober 2020

Sukabumi, ummi.ac.id  - Sabtu, 24 Oktober 2020. Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Sukabumi kembali mengharumkan nama Universitas Muhammadiyah Sukabumi dengan  meraih juara 3 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional dalam kegiatan Biology Learning Fair Part  VIII 2020, yang diselenggarakan oleh Universitas Alauddin Makassar.

Biology Learning Fair merupakan sebuah event tahunan yang setiap tahunnya di laksanakan sebagai suatu program besar di Divisi Ilmu dan Penalaran HMJ Biologi Universitas Alauddin Makassar  yang diikuti oleh berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan intelektualitas mahasiswa dan masyarakat luas pada umumnya. Biology Learning Fair memiliki tiga item kegiatan diantaranya adalah  webinar, lomba essai lomba KTI, dan Biologi Desains (Infografis).

Judul karya Tulis Ilmiah yang diusung mahasiswa Pendidikan Biologi UMMI yaitu  ‘PERAN GENERASI MILENIAL DI ERA TEKNOLOGI 4.0 DALAM MENGUNGKAP PEMANFAATAN POTENSI TANAMAN OBAT MASYARAKAT SUKABUMI PADA MASA PANDEMI’ dengan isi bagaimana calon etnobotanis muda dapat tetap produktif mengadakan penelitian di masa pandemi walaupun dengan adanya hambatan untuk mengumpulkan data penelitian lalu Lomba Karya Tulis yang dibina oleh Bapak Billyardi Ramdhan S.Pd., M.,Si. Dengan ketua tim Deasyca Yolanda dan kedua anggota yaitu Laila Rahmah dan Ai Halimatus salamah.

Proses pembuatan KTI ini dilakukan sejak bulan September 2020. Tim KTI sangat memperhatikan sistematika penulisan KTI yang telah di berikan oleh panitia perlombaan. Selain itu pengambilan judul pada KTI ini juga merupakan sebuah hal yang sangat diperhatikan. KTI yang dibuat bertujuan untuk mengetahui peran generasi, manfaat atau potensi pada tanaman obat tersebut, bagian tanaman yang mana yang sering digunakan dalam meracik obat tradisional dan family tumbuhan yang sering digunakan dalam obat tradisional oleh Masyarakat kota dan kabupaten Sukabumi. Dengan menggunakan metode teknik wawancara kepada masyarakat lokal dan  pemanfaatan teknologi berupa google form untuk menghimpun seluruh datanya.Dalam proses ini KTI yang dibuat juga mengalami beberapa kali revisi hingga akhirnya dapat diluncurkan kepada panitia perlombaan. Sangat diperlukan inovasi, kreativitas, ketekunan dan ketelitian dalam membuat KTI ini.

Proses seleksi dilakukan secara bertahap, diawali dengan pendaftaran dan pengumpulan KTI. Kemudian KTI tersebut di seleksi hingga di-7 besar. Dan beruntungnya lolos di babak final diantara perguruan tinggi negeri lain, sehingga dapat  bersaing dengan beberapa kampus ternama seperti Universitas Negeri  Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, ITS, UINAM, dan Universitas Lampung. Sehingga Universitas Muhammadiyah Sukabumi berhasil masuk ke-7 besar finalis karya tulis ilmiah dengan satu – satunya finalis yang lolos berasal dari perguruan tinggi swasta, Setelah masuk ke tahap 7 besar lalu finalis mempersentasikan hasil karya tulis ilmiahnya secara online dengan menggunakan media aplikasi tatap muka di depan peserta finalis KTI dan para juri. Universitas Muhammadiyah Sukabumi menjadi urutan pertama dalam mempresentasikan hasil karya tulis ilmiah. Dengan bantuan dan bimbingan dari pembimbing akhirnya dapat menyelesaikan presentasi dengan baik.

Tiba saat pengumuman sekaligus penutupan Biology Learning Fair part VIII 2020 yang di laksanakan pada Sabtu, 24 Oktober 2020 pukul 19.30 WITA atau sekitar pukul 18.30 WIB, setalah mengikuti acara penutupan dan akhirnya sampai pada saat yang ditunggu yaitu pengumuman kejuaraan. Tim lomba Karya tulis ilmiah Universitas Muhammadiyah Sukabumi dinyatakan sebagai pemenang juara ke 3 pada perlombaan Biology Learning Fair yang ke VIII 2020.