Sosialisasikan Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Sastra Inggris UMMI Adakan Lokakarya Bersama Stakeholder
Sosialisasikan Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Sastra Inggris UMMI  Adakan Lokakarya Bersama Stakeholder

Sosialisasikan Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Sastra Inggris UMMI Adakan Lokakarya Bersama Stakeholder

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Jumat, 23 Oktober 2020

Sukabumi, ummi.ac.id - Untuk memantapkan kurikukulum yang telah disusun dan agar sesuai dengan kebutuhan, maka dalam peninjauan dan penyusunan kurikulum MBKM ini, Program Studi (Prodi) Sastra Inggris Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) yang merupakan pemenang bantuan dana pendidikan Kurikulum MBKM dari Kementerian Pendidikan menggelar Lokakarya Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM), pada Senin (19/10/20). Lokakarya ini dilakukan secara langsung dan daring dengan dihadiri oleh stakeholder internal dan eksternal.

Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Permendikbud No 3 Tahun 2020 memberikan hak kepada mahasiswa untuk 3 semester belajar di luar program studinya. Melalui program ini, terbuka kesempatan luas bagi mahasiswa untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion dan cita-citanya.

Program Studi Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Administrasi dan Humaniora UMMI dengan visinya untuk menjadi program studi yang unggul dalam ilmu bahasa dan sastra Inggris, serta menanamkan nilai-nilai kearifan lokal berlandaskan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada tahun 2022 merespon kebijakan ini dengan bersegera melaksanakan reorientasi kurikulum.  Pada kurikulum ini Prodi Sastra Inggris dapat memfasilitasi hak  mahasiswa untuk dapat secara sukarela mengambil atau tidak mengambil  tiga semester belajar di luar program studinya.  Failitias tersebut di dalam kurikulum ini disediakan di semester 5,6 dan 7.

Ketua program studi Sastra Inggris UMMI, Dr. Fenty Sukmawaty, S.S., M.Hum menuturkan, diikuti sekitar 30 peserta yang terdiri dari dosen, mahasiswa, alumni serta stakeholder internal dan eksternal.

Dikatakannya, Lokakarya Kurikulum MBKM ini juga bertujuan untuk menghimpun berbagai masukan dan saran sebagai bahan perbaikan kurikulum prodi Sastra Inggris sesuai dengan kebutuhan dilapangan.

“Semua masukan dan saran yang nantinya kami terima tersebut akan dibahas dan ditampung sebagai bahan penyempurnaan dokumen kurikulum MBKM dari prodi Sastra Inggris.” tuturnya.