Prodi Agribisnis UMMI Lokakarya Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka
Prodi Agribisnis UMMI Lokakarya Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka

Prodi Agribisnis UMMI Lokakarya Kurikulum Merdeka Belajar – Kampus Merdeka

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Sabtu, 26 September 2020

Auditorium, ummi.ac.id - Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat saat ini, telah membawa perubahan yang sangat pesat pula dalam berbagai aspek kehidupan. Pekerjaan dan cara bekerja berubah, berbagai jenis pekerjaan baru bermunculan. Perubahan ekonomi, sosial, dan budaya juga terjadi dengan laju yang tinggi. Dalam masa yang sangat dinamis ini, perguruan tinggi harus meresponse secara cepat dan tepat. Diperlukan transformasi pembelajaran untuk bisa membekali dan menyiapkan lulusan Pendidikan tinggi agar menjadi generasi yang uggul. Generasi yang tanggap dan siap menghadapi tantangan zaman. Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan merupakan kerangka untuk menyiapkan mahasiswa menjadi sarjana yang tangguh, relevan dengan kebutuhan zaman, dan siap menjadi pemimpin dengan semangat kebangsaan yang tinggi. Permendikbud No 3 Tahun 2020 memberikan hak kepada mahasiswa untuk 3 semester belajar di luar program studinya. Melalui program ini, terbuka kesempatan luas bagi mahasiswa untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan passion dan cita-citanya.

Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) dengan visinya untuk menjadi program studi yang unggul di bidang Agribisnis serta menghasilkan lulusan yang mandiri dan Islami pada tahun 2022 merespon kebijakan ini dengan bersegera melaksanakan reorientasi kurikulum.  Pada kurikulum ini Prodi Agribisnis dapat memfasilitasi hak  mahasiswa untuk dapat secara sukarela mengambil atau tidak mengambil  tiga semester belajar di luar program studinya.  Failitias tersebut di dalam kurikulum ini disediakan di semester 5,6 dan 7.

Untuk memantapkan kurikukulum yang disusun dan agar sesuai dengan kebutuhan pasar, maka dalam peninjauan dan penyusunan kurikulum MBKM ini, prodi agribisnis menyelenggarakan lokakarya kurikulum MBKM serta secara khusus mengundang narasumber ahli kurikulum dari UPI Prof. Dr. Dinn Wahyudin, M.A. untuk turut membimbing, memberikan masukan dan koreksi terhadap kurikulum yang disusun.  Lokakarya kurikulum ini menghadirkan mitra, user dan stakeholder Prodi Agribisnis dari berbagai unsur.  Diantaranya Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sukabumi, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Sukabumi, Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Ketua Program Studi Agribisnis Faster Universitas Cianjur,  OISCA Internasional (Organization for Industrial and Cultural Advancement),  Puspa Agro Sukabumi serta dari kalangan Penyuluh pertanian.  Unsur lain yang terlibat untuk memberikan masukan dan saran dalam lokakarya kurikulum MBKM ini selain Dosen juga dari mahasiswa, alumni dan tenaga kependidikan. 

Lokakarya yang dilaksanakan pada tanggal 24 September 2020 bertepatan dengan hari tani nasional ini bukan hanya dilaksanakan secara tatap muka langsung tetapi juga disiarkan secara daring dan diikuti sekitar 30 peserta dari mahasiswa, alumni, dosen dan tenaga kependidikan. Lokakarya kurikulum MBKM ini telah berhasil menghimpun berbagai masukan dan saran untuk perbaikan kurikulum Prodi Agribisnis terkait beberapa aspek.  Saran dan masukan tersebut diantaranya terkait kompetensi yang harus dicapai oleh mahasiswa, perbaikan beberapa bahan kajian pada matakuliah, saran untuk memastikan lulusan mampu mandiri menjadi enterpreuneur, dan saran untuk perbaikan penyelenggaraan perkuliahan.    Saran juga disampaikan untuk secara khusus mengadakan mata kuliah terkait dengan pengembangan pangan lokal dan kegiatan tematik.  Semua masukan dan saran tersebut dibahas dan ditampung sebagai bahan penyempurnaan dokumen kurikulum Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian UMMI.  Dalam implementasinya, untuk penyelenggaraan pembelajaran MBKM ini Prodi agribisnis akan melaksanakan secara bertahap. Dari delapan bentuk pembelajaran MBKM, yang segera dilaksanakan adalah kegiatan pertukaran pelajar dan magang.  Pertukaran pelajar pada prodi yang berbeda dalam perguruan tinggi yang sama Prodi agribisnis bermitra dengan Prodi akuntansi, administrasi bisnis dan teknik informatika.  Sedangkan mitra kerjasama kegiatan pertukaran pelajar dengan prodi yang sama/berbeda di luar perguruan tinggi akan dilaksanakan dengan Fakultas pertanian UNPAD.  Kemudian untuk kegiatan magang kerjasama akan dilaksanakan denga perusahaan pertanian Puspa Agro Sukabumi.