390 Mahasiswa FKIP UMMI Siap PLP dan Magang III di 55 Sekolah
390 Mahasiswa FKIP UMMI Siap PLP dan Magang III  di 55 Sekolah

390 Mahasiswa FKIP UMMI Siap PLP dan Magang III di 55 Sekolah

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Kamis, 26 Desember 2019

Auditorium, ummi.ac.id Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) melakukan pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan program magang III tahun akademik 2019/2020 pada Senin (23/12/19).

Dalam program pembekalan tersebut diikuti sebanyak 390 mahasiswa FKIP yang rencananya disebar ke sejumlah sekolah di Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Ketua Pusat P2K (Pengembangan Profesi Keguruan) FKIP UMMI, Firman Maulana, M.Pd., mengatakan para peserta magang akan dibagi dan ditempatkan di 55 sekolah. Diantaranya, 5 Taman Kanak-kanak (TK), 21 Sekolah Dasar (SD), 13 Sekolah Menengah Pertama (SMP), 2 Madrasah Tsanawiyah (MTs), 6 Sekolah Menengah Pertama (SMA) dan 8 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kota/Kabupaten Sukabumi.

Menurut Dekan FKIP UMMI,  Sistiana Windyariani, M.Pd. “Hal ini dilakukan agar mahasiswa dapat memiliki pengalaman dan keterampilan dalam mengelola pendidikan serta pembelajaran yang dilaksanakan melalui kegiatan observasi, orientasi dan menjadi asisten guru,” ujarnya.

 Tidak hanya itu lanjut Sisti, program tersebut juga untuk mengaplikasikan semua ilmu yang telah didapat dan dipelajari di bangku kuliah. “Sehingga mereka bisa mempelajari lebih detail tentang seluk-beluk standar kerja yang profesional sebagai bekal dalam menjalani jenjang karir yang sesungguhnya,” lanjutnya.

 Menurut dia, program yang diluncurkan tersebut mendapatkan respon positif baik dari mahasiswa maupun pihak sekolah. Hal itu, terbukti dari antusiasme para peserta magang dan pihak sekolah dalam pembukaan dan pembekalan magang dan PLP yang belum lama ini diselenggarakan.

Dan pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara FKIP UMMI dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sukabumi yang berisi tentang kerjasama kegiatan pembelajaran dan pengabdian masyarakat.