Ini Lho 5 Hal Penting yang Dipelajari di Jurusan Teknik Sipil
Ini Lho 5 Hal Penting yang Dipelajari di Jurusan Teknik Sipil

Ini Lho 5 Hal Penting yang Dipelajari di Jurusan Teknik Sipil

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Rabu, 11 Desember 2019

Tenang akang foto diatas bukan sedang memantau jomblo. Akang foto diatas merupakan mahasiswa Teknik Sipil UMMI yang sedang praktikum pengukuran tanah.

Pernahkah kita terpikir siapa orang-orang di balik berdirinya gedung pencakar langit, jembatan yang melintasi lautan dan jalan yang menghubungkan berbagai daerah terpencil di negeri ini?

Bangunan-bangunan itu merupakan karya Insinyur Sipil. Ya, Teknik Sipil merupakan cabang keteknikan yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia.

Nah, buat kamu yang masih suka bingung anak-anak jurusan teknik sipil belajar tentang apa aja, sih? Berikut 5 hal yang dipelajari mahasiswa Jurusan Teknik Sipil.

1. Struktural

Mahasiswa teknik sipil mempelajari struktur bangunan, yaitu bagaimana respon material bangunan terhadap beban yang diterimanya sehingga bangunan tersebut dapat berdiri tegak dan kokoh serta dapat meminimalkan kerusakan apabila terjadi gempa atau bencana. Di sini dipelajari mekanika struktur, struktur beton , struktur baja, struktur kayu beserta dinamikanya.

2. Geoteknik

Geoteknik merupakan ilmu yang  mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah dan batuan dalam menopang suatu bangunan yang akan berdiri di atasnya. Jadi geoteknik membahas segala macam struktur yang berada di bawah tanah.
Yang dipelajari di antaranya adalah mekanika tanah, pondasi, dinding penahan tanah dan segala macam bentuk pekerjaan yang berhubungan dengan tanah.

3. Manajemen konstruksi

Manajemen konstruksi mempelajari soal proyek konstruksi yang berkaitan dengan ekonomi, penjadwalan pekerjaan, pengembalian modal, biaya proyek.

Termasuk juga semua hal yang berkaitan dengan hukum dan perizinan bangunan hingga pengorganisasian pekerjaan di lapangan sehingga diharapkan bangunan tersebut selesai tepat waktu.

4. Rekayasa pengairan

Rekayasa pengairan mempelajari air, distribusi, pengendalian dan permasalahannya. Bidang ini mencangkup cabang ilmu hidrologi air (berkenaan dengan cuaca, curah hujan, debit air sebuah sungai, banjir dsb), hidrolika (sifat material air, tekanan air, gaya dorong air dsb) dan bangunan air seperti pelabuhan, irigasi, waduk/bendungan(dam), kanal, drainase, breakwater.

5. Transportasi

Transportasi mempelajari mengenai sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Yang dipelajari di antaranya adalah rekayasa lalu lintas, konstruksi dan geometrik jalan raya, jalan rel, bandara, sistem transportasi dan pemodelan transportasi.

Nah, kalau di antara kamu ada yang masih bingung memilih jurusan kuliah nanti, apakah kamu sekarang tertarik masuk ke teknik sipil?

.

.

Sumber : https://www.idntimes.com/life/education/reza-ermawan/jurusan-teknik-sipil-belajarnya-apa-aja-sih-ini-jawabannya-c1c2/full