LDK Al-Umm Dan HMIF UMMI Lakukan Penggalangan Dana Untuk Korban Di Rohingya
LDK Al-Umm Dan HMIF UMMI Lakukan Penggalangan Dana Untuk Korban Di Rohingya

LDK Al-Umm Dan HMIF UMMI Lakukan Penggalangan Dana Untuk Korban Di Rohingya

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Rabu, 23 November 2016

Sukabumi, ummi.ac.id - Sebagai rasa empaty terhadap musibah yang dialami oleh ummat Islam Rohingya yang ada di Negara Myanmar, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Umm dan Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMIF) menggalang dana di sekitas kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), Rabu (23/11/16)

Ketua LDK Al-Umm, Ravin Gustiansyah mengatakan tujuan awal diadakannya kegiatan penggalangan dana ini adalah sebagaimana yang terdapat dalam surat al maidah ayat 2 yang berbunyi : Allah SWT berfirman:

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksa-Nya."(QS. Al-Ma'idah: Ayat 2).

“Tujuan pertama dilaksanakannya kegiatan ini, saling menolong dalam kebaikan.
Serta tujuan lainnya adalah sebagaimana dalam hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, yaitu "Barangsiapa yang melapangkan urusan seseorang, maka allaah akan melapangkan dirinya di dunia dan di akhirat", ujar Ravin.

Tidak hanya mahsiswa penggalangan tadi turut menarik simpati Rektor dan Wakil Rektor 2 UMMI, Dr. Sakti Alamsyah., M.Pd dan Idang Nurodin, S.Ip., M.M yang ikut menyumbang saat panitia penggalangan melintas. Dana yang terkumpul dari penggalngan yang dimulai pukul 09.00 sampai 15.00 ini terkumpul sebesar  Rp. 917.100,00.

“Alhamdulillaah dana yg terkumpul dari kegiatan penggalangan tadi ada Rp. 917.100,00
Kami ucapkan Jazaakumullaahukhairan katsiran wa ahsanal jazaa. Semoga menjadi amal kebaikan dan dicatat dalam catatan amal shalih kita dan mendapatkan balasan yang setimpal. Sebab Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : "Al jazaa min jinsil 'amal " yang artinya balasan itu sebagaimana atau setimpal dengan amalan yang dikerjakan,” sahut Dia.

Rencannya penggalangan dana ini akan di salurkan melalui Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhid Sukabumi.

“Adapun penyaluran dana ini akan kami salurkan kepada DPU (Dompet Peduli Ummat) Daarut Tauhid Sukabumi yang berlokasi di daerah Kenari Bhayangkara samping Rumah Batik Kenari. Alasan kami menyalurkan dana kepada DPU DT Sukabumi adalah karena mereka sudah mengirimkan relawan ke lokasi di Myanmar. Menurut penuturan relawan DPU DT Sukabumi bahwa tidak dapat masuk ke lokasi kecuali hanya tenaga medis saja. Sehingga dana penggalangan nanti akan dikirim melalui transfer baru disana dibelikan barang-barang yang dibutuhkan oleh muslim rohingya disana,” ungkap Ravin.

Selanjutnya Ravin berharap penggalangan dana ini adalah agar semakin sadarnya ummat muslim tentang keadaan saudara muslim nya sendiri khusunya di Myanmar.

“Harapan setelah diadakannya kegiatan penggalangan dana ini adalah agar semakin sadarnya ummat muslim tentang keadaan saudara muslim nya sendiri, walaupun berada ditempat yang jauh dari kita. Karena kita semua adalah saudara sebagaimana dalam Firman Allah dalam surat Al Hujurat ayat 10 yang artinya "Setiap Muslim itu adalah saudara" agar tergerak untuk selalu membantu saudara nya yang sedang dalam kesusahan, karena Allaah pasti akan membantu hambanya bagi hambanya yg menolong saudara nya sebagaimana dalam hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam : Wallahufi 'aunil 'Abdi wakaanal 'abdu fi 'auni akhi yang artinya Allah akan menolong hambanya bagi hambanya yg menolong saudaranya. Wallaahua'lam.” Tutup Dia.