Gerakan Kepanduan HW Bentuk Karakter Mahasiswa
Gerakan Kepanduan HW Bentuk Karakter Mahasiswa

Gerakan Kepanduan HW Bentuk Karakter Mahasiswa

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Sabtu, 28 Mei 2016

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan (dberita_isingkat HW) adalah salah satu organisasi otonom (ortom) di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah. Ortom Muhammadiyah lainnya adalah: 'Aisyiyah, Nasyiatul 'Aisyiyah (NA), Pemuda Muhammadiyah (PM), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Tapak Suci Putera Muhammadiyah, dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM)

HW dberita_idirikan pertama kali di Yogyakarta pada 1336 H (1918 M) atas prakarsa KH Ahmad Dahlan, yang merupakan pendiriMuhammadiyah. Prakarsa itu timbul saat dia selesai memberi pengajian di Solo, dan melihat latihan Pandu di alun-alun Mangkunegaran. Gerakan ini kemudian meleburkan diri ke dalam Gerakan Pramuka pada 1961, dan dibangkitkan kembali oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah dengan SK Nomor 92/SK-PP/VI-B/1.b/1999 tanggal 10 Sya'ban 1420 H (18 November 1999 M) dan dipertegas dengan SK Nomor 10/Kep/I.O/B/2003 tanggal 1 Dzulhijjah 1423 H (2 Februari 2003)

HW berasaskan Islam. HW dberita_idirikan untuk menyiapkan dan membina anak, remaja, dan pemuda yang memiliki aqberita_idah, mental dan fberita_isik, berilmu dan berteknologi serta berakhlak karimah dengan tujuan terwujudnya pribadi muslim yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader persyarikatan, umat, dan bangsa.

Di Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), HW hadir sejak dua tahun lalu dengan nama Qobilan Barchoya Mansur. Di HW ini para mahasiswa tberita_idak hanya diajarkan ilmu-ilmu kepanduan teknis, juga diperdalam tentang ke-Islamannya.

Yuu jangan ragu ikut latihan HW, yang latihan setiap seminggu sekali ini. Setiap sabtu ya, pukul 10.00 sampai 12.00 lokasinya di kampus UMMI. Yuu ah berangkat.....