Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Tiga Wakil Rektor Baru UMMI Resmi Dilantik

Tiga Wakil Rektor Baru UMMI Resmi Dilantik

  • Administrator
  • 02 Mar 2020
  • Berita Terbaru

Auditorium, ummi.ac.id – Jajaran sivitas akademika Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), Jawa Barat, memiliki tiga pejabat wakil rektor baru. Pelantikan ketiga wakil rektor tersebut, dilakukan langsung oleh Rektor UMMI Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd., di auditorium UMMI, Rabu (2/3/20).

Ketiga wakil rektor yang dilantik, terdiri dari Dr. Yuni Sri Wahyuni, ST., M.T., IPP., yang menjabat sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Akreditasi Dr. Dra. Ike Rachmawati, M.Si., yang menjabat sebagai Wakil Rektor II Bidang Keuangan, Kepegawaian dan Umum serta Andri Moewashi Idarul Haq, S.Thi., M.M., sebagai Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Al Islam Kemuhammadiyahan.

''Para wakil rektor yang dilantik hari ini akan menjabat selama empat tahun, untuk periode 2020 hingga Desember 2023,'' jelas rektor. Acara pelantikan dihadiri Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D, para pengurus persyarikatan Muhammadiyah di Sukabumi dan Jawa Barat, serta Badan Pengurus harian UMMI.

Rektor UMMI, Dr. Sakti Alamsyah, M.Pd., menyampaikan  terima kasih pada tiga wakil rektor sebelumnya yang telah menyelesaikan tugasnya dengan baik.  Rektor berharap tiga wakilnya yang baru dilantik dapat bekerja dengan baik sesuai bidang tugas masing-masing, mengingat mereka akan menjadi penentu kemajuan UMMI di masa yang akan datang. ''Kami berharap, para wakil rektor bisa bekerja sama dengan kami karena tantangan UMMI ke depan semakin banyak,'' katanya.

Ia mengingatkan, pemimpin yang baik memiliki dua ciri utama. Pertama, tidak menyalahkan orang lain jika terjadi masalah dalam pekerjaa, dan yang kedua tidak mencari-cari alasan. ''Kedua hal itu, harus kita hindari untuk menjadi pemimpin,'' katanya.

Disebutkan, selama masa kepemimpinannya di UMMI, ada beberapa target pencapaian yang telah ditetapkan. Antara lain, akreditasi perguruan tinggi UMMI yang saat ini B, harus bisa meningkat menjadi A. Demikian juga dengan program studi, bila saat ini ada dua prodi yang terakreditasi A, diharapkan bisa meningkat menjadi lebih banyak prodi.

Sekretaris Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D, mengungkapkan untuk dapat terus meningkatkan daya saingnya, UMMI memang harus memiliki cita-cita yang tinggi. ''UMMI yang berdiri sejak 2003 sudah menunjukan kemajuan yang luarbiasa. Dengan semangat para sivitas akademika dalam melayani bidang Pendidikan sebagai suatu ibadah dengan mengedepankan inovasi, kreatifitas dan berpikir kritis. Saya yakin dengan semangat sivitas akademika yang dibangun, akan  memiliki tenaga  yang tinggi sehingga mampu untuk memajukan UMMI,'' jelasnya.

Muhammad Sayuti, M.Pd., M.Ed., Ph.D  mengucapkan Selamat bekerja kepada para wakil rektor yang baru, dia mengingatkan, jabatan wakil rektor di perguruan tinggi Muhammadiyah itu bukan jabatan empuk yang bergelimang fasilitas. ''Jabatan wakil rektor itu bukan jabatan yang enak. Pada para pejabat rektor dan wakil rektor di PTM, Majelis Dikti Litbang Muhammadiyah sudah bikin kontrak kinerja. Dan mereka harus mampu melaksanakan agar kualitas perguruan tingginya semakin baik,'' jelasnya.

Menurutnya menjadi pimpinan universitas harus memiliki jaringan untuk bisa sukses dan meraih akreditasi unggul. ''Para pimpinan baru harus membangun network, karena UMMI ini termasuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang digadang-gadang untuk meraih akreditasi unggul,'' katanya.

Pada kesempatan yang sama rektor UMMI juga melantik para jajaran Kepala Biro untuk masa jabatan 2020-2023 antaranya Abdul Hadi Amri Yusuf, S.Kom., sebagai Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Cica Herdawati, S.E., M.Ak., sebagai Kepala Biro Administrasi Keuangan, serta Sri Lidianti, S.P., sebagai Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian.