Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Mahasiswa D-III Keperawatan UMMI Ikuti Pelatihan Basic Trauma & Cardiac Life Support (BT & CLS) Berstandar Internasional

Mahasiswa D-III Keperawatan UMMI Ikuti Pelatihan Basic Trauma & Cardiac Life Support (BT & CLS) Berstandar Internasional

  • Administrator
  • 11 Feb 2020
  • Berita Terbaru

Sukabumi, ummi.ac.id – Program Studi D-III Keperawatan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) menggelar pelatihan Basic Trauma & Cardiac Life Support (BT&CLS) yang berlangsung selama lima hari dari 11-15 Februari 2020 yang bertempat di Resort Prima Selabintana.

Basic Trauma & Cardiac Life Support (BT & CLS) adalah tindakan untuk memberikan pertolongan pada korban bencana atau gawat darurat guna mencegah kematian atau kerusakan organ sehingga produktivitasnya dapat dipertahankan setara sebelum terjadinya bencana atau peristiwa gawat darurat yang terjadi. Pada kegiatan BTCLS terdapat enam fase, yaitu: fase deteksi, fase supresi, fase pra rumah sakit, fase rumah sakit dan fase rehabilitasi.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 61 mahasiswa D-III Keperawatan UMMI tingkat akhir. Narasumber dan instruktur pada kesempatan ini langsung dari Yayasan Ambulance Gawat Darurat (YAGD) 118 Jakarta.

Pengetahuan dan skill yang berhubungan dengan Basic Trauma & Cardiac Life Support (BT & CLS) merupakan salah satu prasyarat yang harus dimiliki oleh seorang perawat, baik yang bekerja di pelayanan kesehatan dalam maupun luar negeri, khususnya perawat di berbagai rumah sakit, puskesmas dan perusahaan. 

Setelah mengikuti pelatihan ini paramahasiswa D-III keperawatan UMMI akan diberi sertifikat BT & CLS yang berlaku internasioonal sebagai bukti telah mengikuti pelatihan dan memiliki pengetahuan dan skill dalam bidang tersebut. Sertifikat BTCLS merupakan suatu nilai lebih bagi tenaga kesehatan khususnya perawat dalam memasuki dunia kerja pada era MEA.