Pengamatan Spesies Langsung Kelapangan : Cara Seru Belajar di Pendidikan Biologi UMMI
Pengamatan Spesies Langsung  Kelapangan : Cara Seru Belajar di  Pendidikan Biologi UMMI

Pengamatan Spesies Langsung Kelapangan : Cara Seru Belajar di Pendidikan Biologi UMMI

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Selasa, 21 Januari 2020

Jakarta, ummi.ac.id – Tidak dapat disangkal bahwa teori dan praktik adalah satu kesatuan yang utuh. Guna menyempurnakan teori yang telah diperoleh selama masa perkuliahan, Program Studi Pendidikan Biologi kembali melaksanakan kuliah lapangan di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Jakarta, yang berlangsung selama tiga hari 13-15 Desember 2019.

Kuliah Lapangan Zoologi Invertebrata dan Botani Kriptogami ini diikuti oleh 23 orang mahasiswa mahasiswa semester III dan 1 orang mahasiswa semester I dengan didampingi 2 orang asisten praktikum dan dosen pembimbing, Billyardi Ramdhan, S.Pd., M.Si. (mata kuliah Botani Kriptogami ) dan Aa Juhanda, M.Pd., (mata kuliah Zoologi Invertebrata).

Para mahasiswa tersebut melakukan pengamatan yang di bagi dalam beberapa kelompok dengan dibimbing dan dipandu oleh asisten dosen dan dosen pembimbing dari Program Studi Pendidikan Biologi sendiri. Sistem yang digunakan dalam pengamatan ini dengan mencatat setiap nama spesies yang ditemukan di setiap pulau tersebut.

Pulau Tongkeng merupakan pulau yang pertama dikunjungi. di pulai ini para mahasiswa banyak menemukan berbagai macam jenis alga dan hewan invertebrate. Setidaknya satu kelompok dapat menemukan 20 spesies alga dan hewan invertebrata. Setelah di identifikasi lalu kami membawa beberapa spesies yang diperbolehkan untuk dibawa dan diawetkan.

Selain di pulau Tongkeng mahasiswa juga melakukan pengamatan di Pulau Perak, Pulau Bulat, Pulau Puteri, Pulau Panjang Jauh, Pulau Dolphin, Pulau Harapan. Di pulau Puteri mahasiswa melakukan snorkeling untuk melihat spesies dan keindahan bawah laut.

Setelah mengidentifikasi dan mendiskusikan spesies yang dimati dan dibawa, setelah itu para mahasiswa menyusunnya dalam bentuk power point untuk presentasi dan melaksanakan ujian ketok.