Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kemajuan Teknologi : UMMI Rancang Kurikulum Pendidikan Tinggi Berbasis Revolusi Industri 4.0

Kemajuan Teknologi : UMMI Rancang Kurikulum Pendidikan Tinggi Berbasis Revolusi Industri 4.0

  • Administrator
  • 19 Sep 2019
  • Berita Terbaru

Gedung A, ummi.ac.id - Rabu (18/9), bertempat diruang rapat Gedung A, Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) menggelar Rapat Tinjauan Manajemen dan Rapat Koordinasi Bidang akademik, acara ini diaksanakan dalam rangka menindaklanjuti hasil dari Audit Mutu Internal (AMI) siklus VI yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Muhammadiyah Sukabumi (LPM UMMI) serta mempersiapkan strategi untuk menghadapi semester baru tahun akademik 2019-2020.

Acara yang dihadiri oleh Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, para Ketua Lembaga, Kepala UPT dan para pimpinan Fakultas (Dekan) membahas mengenai keadaan UMMI saat ini dan strategi serta langkah apa saja yang harus dilaksanakan untuk dapat mencapat Visi UMMI pada tahun 2022, strategi ini tentu landasannya dapat diambil dari hasil AMI yang telah dilaksanakan oleh LPM tadi, sehingga menjadi sangat penting bagi semua pihak untuk ikut serta bergerak dan mendukung ketercapaian Visi universitas yang telah menjadi visi bersama.

Selain itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Reny Sukamawani, MP. Juga mengajak kepada semua pimpinan untuk dapat memperhatikan kemajuan teknologi di Era Revolusi Industri 4.0 ini, baik dalam strategi pembelajaran, lingkungan kerja dan juga dapat mencetak lulusan yang sadar teknologi yang digunakan dalam pekerjaan bidang masing-masing sebagaimana Visi dari negara Indonesia sebagai negara maju pada tahun 2045.

Wakil Rektor I juga menjelaskan secara mendalam mengenai wajah kegiatan ekonomi pada era Revolusi Industri 4.0 ini yang bagaimana UMMI yang bergerak dalam bidang pendidikan dapat mengikuti alur serta perkembangan agar dapat menghasilkan lulusan yang berdaya saing dan berkualitas dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0. dimana pada masa sekarang ini tidak sebanding antara jumlah lapangan pekerjaan dengan jumlah lulusan Perguruan tinggi, sehingga persaingan itu harus dipersiapkan mulai dari lingkungan kampus.

Sebagai langkah awal, Wakil Rektor I melalui program peningkatan kualitas Program Studi dan Fakultas Berbasis APS 4.0 menargetkan Program perancangan kurikulum pendidikan tinggi di lingkungan UMMI yang berbasis Revolusi Industri 4.0 sesuai pedoman Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) yang dikeluarkan oleh kemenristekdikti tahun 2019 yaitu Kurikulum yang terintegrasi antara Al-Islam dan Kemuahammadiayah, Enterpreuneur dan literasi data. Sehingga diharapkan melalui kurikulum tersebut lulusan yang Manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, Berakhlak Mulia, Sehat, Berilmu, Cakap, Kreatif, Mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab (sesuai dengan Pasal 3 Undang-undang nomor 20) dapat tercapai.