UMMI Terapkan Host to Host dan Virtual Account Untuk Pembayaran UTS dan UAS
UMMI Terapkan Host to Host dan Virtual Account Untuk Pembayaran UTS dan UAS

UMMI Terapkan Host to Host dan Virtual Account Untuk Pembayaran UTS dan UAS

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Kamis, 20 Juni 2019

Setelah sebelumnya pembayaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan pembayaran kuliah / semesteran di kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) telah menggunakan Host to Host (H2H) serta Virtual Account, kini bagian IT UMMI telah selesai membuat sistem pembayaran Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) menggunakan H2H juga, dan H2H ini masih menggunakan H2H dengan Bank Syariah Mandiri (BSM).

Pembuatan H2H untuk pembayaran UTS/UAS ini didasari oleh kebutuhan akan pentingnya sebuah sistem pembayaran yang terintegrasi, karena selama ini antara pembayaran, verifikasi pembayaran serta input data pembayaran ke Sistem Informasi Akademik dan Keuangan (SIAK) kampus UMMI masih dilakukan secara manual, alhasil setiap kali menjelang kegiatan UTS dan UAS selalu terjadi antrian mahasiswa di teller Bank Kampus dan juga di bagian keuangan fakultas. Selain itu bagian keuangan fakultas juga disibukan karena harus melayani verifikasi dan input data mahasiswa yang jumlah per fakultasnya sangatlah banyak.

Dengan adanya sistem pembayaran yang menggunakan H2H serta Virtual Account ini maka antrian mahasiswa di teller bank kampus dan di bagian keuangan fakultas juga bisa semakin berkurang bahkan bisa tidak ada, karena pembayaran UTS/UAS bisa dilakukan dari bank mana saja dan menggunakan channel bank apa saja. Selain itu bagian keuangan fakultas dan keuangan universitas juga tidak perlu lagi melakukan verifikasi dan input data pembayaran UTS/UAS mahasiswa, karena data pembayaran dari bank sudah otomatis masuk ke database SIAK kampus dan juga bisa dilihat baik oleh bagian keuangan ataupun juga oleh mahasiswa itu sendiri.

Informasi Mengenai Biaya UTS/UAS, Nomor Virtual Account dan Panduan Pembayaran ada di Akun Masing-masing mahasiswa

Untuk melakukan pembayaran UTS/UAS menggunakan Virtual Account ini, mahasiswa diharuskan melihat detail biaya yang harus dibayar serta nomor virtual account di akun SIAK masing-masing mahasiswa. Selain itu terdapat juga panduan pembayaran UTS/UAS dari berbagai macam bank dan berbagai macam channel bank.

Tidak Dianjurkan Melalui Teller BSM

Khusus untuk pembayaran UTS dan UAS ini tidak dianjurkan melalui teller bank, karena pembayaran melalui teller bank baru akan ditransaksikan ke H2H setelah sore hari hingga malam hari, sehingga pembayaran yang dilakukan di teller BSM tidak akan langsung terverifikasi oleh SIAK Kampus UMMI. Ini adalah mekanisme BSM yang melakukan dua kali transaksi khusus untuk H2H.

Dianjurkan Menggunakan Mesin ATM atau Mobile Banking

Supaya proses pembayarannya bisa terverifikasi oleh SIAK secara realtime, maka seluruh mahasiswa yang hendak melakukan pembayaran UTS atau UAS untuk melakukan proses pembayaran melalui mesin ATM atau Mobile banking.

Semoga dengan pembuatan dan pengembangan sistem pembayaran ini bisa mempermudah pekerjaan dan kegiatan semua penggunanya, aamiin.

 

Berita ini diposting juga di situs sukabumikode.com dengan judul Pembayaran UTS / UAS Kampus UMMI Kini Menggunakan Host to Host dan Virtual Account

 

Sumber gambar : BeritaSatu.com