Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • GAPACU III : Pembelajaran dan Permainan dengan 6 Aspek Perkembangan untuk Membentuk Masa Depan Milenial yang Menyenangkan

GAPACU III : Pembelajaran dan Permainan dengan 6 Aspek Perkembangan untuk Membentuk Masa Depan Milenial yang Menyenangkan

  • Administrator
  • 16 May 2019
  • Berita Terbaru

Sukabumi, ummi.ac.id - Program Studi dan Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini kembali menggelar GAPACU (Gebyar PAUD Ceria UMMI). GAPACU sendiri  merupakan salah satu kegiatan tahunan pada tahun ini merupakan tahun ke 3. GAPACU III memiliki serangkaian kegiatan yaitu lomba mewarnai tingkat siswa dan lomba mendongeng tingkat pendidik PAUD formal/non formal. Kemudian acara puncak dari kegiatan GAPACU III ini menggelar seminar bermain dan permainan Anak Usia Dini.

Rangkaian acara GAPACU III terdiri dari

  1. Perlombaan yang dilaksanakan pada hari Ahad, 12 Mei 2019 di Ruang D15 Universitas Muhammadiyah Sukabumi.
  • Lomba Mewarnai yang diikuti oleh 22 Orang

Kategori A (4-5 tahun)

Juara 1 : Kirania Indana Zulfa (PAUD Ali Azzaha)

Juara 2 : Sherafin Yasmina Ali (Kober At-Tartil)

Juara 3 : Natasya Almayra (RA Qubbatul Muslimin)

Kategori B (5-6 tahun)

Juara 1 : Vanessa Josefaye (TK Sukapirena)

Juara 2 : Siti Andara R (TK Dewi Sartika)

Juara 3 : Talita Rafeyfa (TK Islam An-Nuur)

  • Lomba Mendongeng yang diikuti oleh 2 Orang

Juara 1: Mulia Rahmawati (TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 1 Sukabumi)

Juara 2: Fany Novianti (RA Ibadurrahman)

 

  1. Puncak Acara : Seminar Bermain dan Permainan Untuk Anak Usia Dini yang dilaksanakan pada hari Selasa, 14 Mei 2019 di Auditorium Universitas Muhammadiyah Sukabumi diikuti oleh 63 Orang (Pendidik, Mahasiswa, Masyarakat Umum).

Dengan Pemateri : Ibu Elnawati, M.Pd.I. dan Ibu Leonita Siwiyanti, S.Ag., M.M.

Materi yang disampaikan oleh pemateri 1 adalah tentang Hakikat Bermain dan Prinsip Permainan itu sendiri serta Cara Bermain yang seharusnya dilakukan oleh anak.

Materi kedua adalah tentang Hakikat Bermain dalam Perspektif Islam.

 

Adapun tema GAPACU III yaitu “Pembelajaran dan Permainan dengan 6 Aspek Perkembangan untuk Membentuk Masa Depan Milenial yang Menyenangkan .” Hal ini dilatar belakangi oleh kondisi masyarakat di era globalisasi yang serba menggunakan teknologi, khususnya dalam permainan anak usia dini. Banyak orangtua yang menganggap bahwa “Asalkan anak tidak rewel.” Maka di berikannya gadget.

Semoga dengan adanya acara ini dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya bermain bagi anak usia dini dengan 6 aspek perkembangan serta menjadi bagian pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat agar memberikan fasilitas untuk membantu mengembangkan masyarakat  dalam membentuk generasi milenial.