Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Mahasiswa Akuntansi Juga Bisa Jadi Pengusaha

Mahasiswa Akuntansi Juga Bisa Jadi Pengusaha

  • Administrator
  • 11 Mar 2019
  • Berita Terbaru

SUKABUMI, radarsukabumi.com – Lulus menjadi sarjana akuntansi, tidak mesti jadi karyawan bank ataupun bekerja di perusahaan yang berhubungan dengan akuntan. Bahkan, ketika masih menjadi mahasiswa, sebetulnya mereka bisa menjadi pengusaha. Meskipun dengan modal pas-pasan dan status mahasiswa, ternyata bisa menjadi seorang entrepreneur sukses di masa depan.

Hal tersebut diungkapkan CEO Indonesia Center for Policy Studies (ICPPS) dan UKM Center FE UI, Nining I Soesilo saat menjadi salah satu pembicara talkshow yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa (Hima) Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sukabumi (Ummi), Senin (4/2).

Sebagai orang yang berperan aktif dalam pembinaan UKM, Nining menegaskan bahwa menjadi seorang wirausaha tidak perlu menunggu lulus kuliah.
“Saat menjadi seorang mahasiswa pun kita bisa memiliki usaha sampingan, asalkan memiliki tekad yang kuat,” ujarnya kepada Radar Sukabumi.

Menurutnya, saat ini banyak mahasiswa yang masih belum terbuka pemikirannya tentang berwirausaha. Untuk itu, dengan adanya talkshow tersebut dirinya memberikan motivasi agar anak-anak muda bisa menjadi entrepreneur sejati dan sukses.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Talkshow Muhammad Rifaldi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara memeriahkan Hari Jadi Prodi Akuntansi, tepatnya pada Januari kemarin.
“Jadi ini acara Pekan Raya Akutansi (Perak) ke-3 yang dilaksanakan Hima Akuntansi,”terangnya yang menyebut acara penutupan akan dilaksanakan April 2019.

Rifaldi yang juga mahasiswa jurusan akutansi semester IV itu menjelaskan, tahun ini peserta lebih banyak melibatkan mahasiswa Prodi Akutansi Ummi mulai semester 2 hingga semester 8.

“Dengan kegiatan ini, prodi akuntansi menjawab tantangan di masa depan, karena ke depan kita akan semakin banyak bersaing terutama di lapangan pekerjaan, dari pada ngelamar ke sana ke sini, kenapa kita yang lulusan ekonomi membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Maka dari itu, acara talkshow ini kita ingin saling berbagi ilmu,” ucapnya.

Di akhir acara, Hima Akuntansi memberikan peghargaan kepada tiga mahasiswa Prodi Akuntansi Ummi yang berhasil meraih juara karya tulis ilmiah.
Ia berharap acara ini bisa memberikan manfaat bagi peserta yang hadir dan peserta bisa mengaplikasikannya secara langsung.