Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Seminar Konservasi Alam, Buka AMPIBI ke-XII Himpunan Mahasiswa Biologi

Seminar Konservasi Alam, Buka AMPIBI ke-XII Himpunan Mahasiswa Biologi

  • Administrator
  • 09 Feb 2019
  • Berita Terbaru

Auditorium,ummi.ac.id -  Bertempat di auditorium Universitas Muhammadiyah Sukabumi Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) sukses menggelar Seminar Konservasi Alam dengan tujuan untuk memperkenalkan bahaya berbagai jenis sampah (terutama sampah plastic) dan bagaimana caranya agar hidup kita bebas dari sampah plastic tersebut, Selasa (5/2/18).

Kegiatan seminar ini mendatangkan pemateri Nurul Hidayah, S.Pd., M.Si  yang merupakan penulis buku “Zero Waste Life Style: Menuju Hidup Bebas Sampah”. Peserta pada seminar ini dihadiri  oleh siswa dari berbagai Sekolah Menengah di Sukabumi dan masyarakat umum. Seminar Konservasi Alam ini sekaligus membuka rangkaian kegiatan dari Apresiasi Mahasiswa Pendidikan Biologi atau yang lebih dikenal dengan AMPIBI yang pada tahun 2019 ini di selenggarakan untuk ke 12 kalinya.

Kegiatan AMPIBI ke-XII ini mengusung tema "Bukti Nyata Biologi Dalam Berdedikasi, Membuka Potensi dan Meraih Prestasi". AMPIBIke-XII didalamnya terbagi dalam tiga kategori kegiatan yaitu edukasi, religi dan peduli sosial. Dalam bidang edukasi terdapat kegiatan perlombaan Lomba Cepat Tepat Biologi (LCTB) dan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), kemudian dalam bidang religi terdapat perlombaan Musabaqoh Syarhil Qur'an (MSQ), dan dalam bidang peduli sosial terdapat kegiatam Seminar Konservasi Alam dan Donor Darah,

Kemudian setelah kegiatan Seminar Konservasi Alam, dilanjutkan dengan perlombaan untuk tingkat SMA/MA/Sederajat yaitu Musabaqoh Syarhil Qur'an pada 10 Februari, Lomba Cepat Tepat Biologi pada tanggal 16 dan 17 Februari, Donor Darah pada 18 februari, kemudian diakhiri dengan Lomba Karya Tulis Ilmiah pada 24 Februari 2019.

Dalam sambutan Ketua Himpunan Mahasiswa Biologi Andri Kurnia Rahmatullah mengatakan, ”kegiatan AMPIBI ini memiliki konsep yang berbeda dari AMPIBI sebelum-sebelumnya, salah satunya adalah kegiatan Konservasi Alam yang biasanya kita terjun langsung ke lapangan untuk penanaman bibit pohon di daerah  yang di tentukan, akan tetapi pada konsep tahun ini Konservasi Alam dalam bentuk seminar yang dilaksanakan setelah pembukaan AMPIBI XII”.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Sistiana Windyariani, M.Pd. mengatakan dalam sambutannya “kegiatan AMPIBI XII ini telah mencakup visi misi fakultas yang diantaranya terdapat perlombaan MSQ yang baru dilaksanakan yang ke dua kalinya”.

AMPIBI XII dibuka oleh Wakil Rektor III, Haadi Kusumah, M.T., yang mewakili Rektor Universitas Muhammadiyah Sukabumi dalam sambutannya mengatakan “Himpunan Mahasiswa Biologi UMMI adalah satah satu himpunan yang sangat aktif di kampus ini, yang sukses melaksanakan berbagai macam kegiatan yang besar, semoga dengan dilaksanakannya AMPIBI XII ini menjadikan motivasi untuk himpunan yang lain dalam melaksanakan kegiatannya”