Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Mahasiswa UMMI Jadi Duta HIV/Aids

Mahasiswa UMMI Jadi Duta HIV/Aids

  • Administrator
  • 22 Jan 2019
  • Berita Terbaru

SUKABUMI, radarsukabumi.com – Salah satu mahasiswi Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) Haniffa Mashsya Utami Syhabudin (19), terpilih menjadi Duta HIV/Aids Kota Sukabumi selama masa bakti satu tahun.

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara UMMI dengan Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Kota Sukabumi serta Dinas Pengendalian Kependudukan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (Dinas Dalduk KBP3APM).

Pengelola Program KPA Kota Sukabumi Yanti Rosdiana mengatakan, pemilian Duta Kampus HIV./Aids merupakan kali pertama yang dilakukan oleh pihaknya. Agar menjadi pemicu kampus-kampus lain untuk mencari Duta HIV/AIDS di masing-masing kampus.

“Sebelumnya untuk pemilihan Duta HIV itu kita selalu lakukan di pemilihan mojang jajaka, tapi untuk tahun ini itu tidak dilakukan. Kebetulan UMMI menyelenggarakan pemilihan duta kampus, di mana salah satu dutanya itu juga ada pemilihan duta HIV/Aids,” tuturnya kepada Radar Sukabumi, Senin (21/1).

Ia menyambut baik dengan adanya pemilihan Duta HIV/Aids di kampus UMMI, terlebih kampus tersebut menjadi kampus pertama di Sukabumi yang peduli tentang HIV/Aids.

“Akan lebih mudah ketika generasi muda menyampaikan tentang apa itu HIV/AIDS kepada teman-temannya,” ucapnya.

Yanti menilai, akan beda bahasanya ketika KPA yang menyampaikan kepada anak-anak muda dengan bahasa formal tetapi jika disoalisasikan oleh teman sebaya mereka oleh dutanya itu akan cepat masuk.

“Karena bahasa yang digunakan mungkin dengan bahasa-bahasa anak muda, bahasanya anak kampus jadi bisa dengan mudah dicerna dan dipahami,” imbuhnya.

Pengukuhan Duta HIV/AIDS dilakukan oleh Ketua KPA Kota Sukabumi Achmad Fahmi, pada Kamis (17/1) di Gedung RSPD Citra Lestari Ciaul, Kota Sukabumi.

Sementara itu, Duta HIV/Aids Kota Sukabumi Haniffa yang merupakan mahasiswi Program Studi (Prodi) Akuntansi UMMI mengaku senang mendapat amanat sebagai Duta HIV/AIDS Kota Sukabumi 2018.

Setelah terpilih Duta HIV/AIDS, dirinya berjanji akan roadshow dan melakukan sosialisasi terutama di kampusnya tentang perlunya hidup bersih yang diawali dengan pergaulan yang baik.
“Sebab HIV/AIDS dan narkoba sangat dipengaruhi oleh pergaulan,” singkatnya.