Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Mahasiswa Pendidikan Biologi UMMI Belajar Kewirausaan Langsung ke Lapangan

Mahasiswa Pendidikan Biologi UMMI Belajar Kewirausaan Langsung ke Lapangan

  • Administrator
  • 10 Dec 2018
  • Berita Terbaru

Sukabumi , ummi.ac.id - Mahasiswa Pendidikan Biologi 2017 menggelar kunjungan ke toko Bolu Pisang Ibu Onih dalam rangka merealisasikan tugas Mata Kuliah Kewirausahaan, Kamis (6/12/18) dengan Dosen Ibu Leonita Siwiyati S.Ag M.M dan Narasumber Bapak Irman selaku anak dari Ibu Onih.
.
Bolu Pisang Ibu Onih ini di dirikan pada tahun 1988 yang berawal dari keisengan Ibu Onih membuat Bolu Pisang dan menitipkannya kewarung-warung terdekat, setelah dua tahun berjalan, berangkat darikeisengan tersebut banyak konsumen yang tertarik dengan cita rasanya sehingga informasi tersebut menyebar dari mulut ke mulut hingga akhirnya Ibu Onih berinisiatif membuat sebuah toko dengan merekrut karyawan dari anak dan sanak saudaranya.


Brand "Bolu Pisang Ibu Onih" ini sudah dikenali oleh khalayak ramai dan menjadi ciri khas bolu di sukabumi bahkan kemasannya pun sudah ada sejak Bolu Pisang Ibu Onih didirikan.
.
Pada tahun 2000, Ibu Onih memutuskan untuk membuka cabang, dan cabang-cabangnya pun sudah tersebar di seluruh Indonesia mencapai kurang lebih 100 cabang. Dipusat saja bolu pisang Ibu Onih dapat memproduksi bolu sekitar 100-150/hari di weekday dan weekend bisa mencapai 2 kali lipat sehingga omset yang dihasilkan bisa mencapai 150 juta/bulan.
.
Setiap Ibu onih membuka cabang, selain sanak saudara Ibu Onih juga merekrut anak anak yang putus sekolah sebagai karyawannya. Setiap membuka cabang karyawan lama ataupun baru biasanya di training terlebih dahulu selama 1 bulan agar bekerja secara maksimal baik dalam produksi ataupun pemasarannya.
.
Diharapkan dengan kunjungan lapangan, mahasiswa Pendidikan Biologi 2017 ini dapat mencermati dan memahami cara berwirausaha secara langsung.