Pertanian, Desa dan Masa Depan Kita
Pertanian, Desa dan Masa Depan Kita

Pertanian, Desa dan Masa Depan Kita

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Senin, 27 Juni 2016

Pertanian, Desa dan Masa Depan Kita.
(Oleh: Fadilla Aini/Agribisnis/Semester 4)

Sektor-sektor penting dan strategis dalam suatu Negara harus dikelola dengan seimbang, selaras dan mencapai titik optimal, agar Negara itu dapat dikatakan sebagai Negara baik. Negara yang mampu berdiri dikaki sendiri. Karena sektor-sektor penting dan strategis yang dimiliki suatu Negara secara sadar atau tberita_idak sadar memberikan kontribusi dan dapat dijadikan tatanan untuk meminimalberita_isir masyarakat pra-sejahtera yang sebagian besar menyelimuti keluarga petani di Pedesaan.

Salah satu cara untuk meminimalberita_isir hal tersebut adalah dengan membangun sektor pertanian dan pembangunan daerah pedesaan dengan baik. Tberita_idak dapat dipungkiri, sektor pertanian dan pembangunan daerah pedesaan secara tberita_idak langsung dapat membantu meningkatkan perekonomian nasional, meskipun dari sberita_isi lain masih memandang bahwa sektor pertanian itu dipandang sebelah mata dan dijadikan sebagai unsur penunjang.

Melihat kondberita_isi saat ini, sebagian besar masyarakat belum menyadari akan pentingnya pembangunan daerah pedesaan dan sektor pertanian yang jauh lebih penting dari sekedar unsur penunjang. Daerah pedesaan dan sektor pertanian dapat memberikan kontribusi bagi sektor lain, terutama sektor industri yang sudah mendarah daging dan dinobatkan sebagai sektor unggulan dalam pembangunan ekonomi secara keseluruhan. 
Perlu diingat pula, tanpa pembangunan pedesaan yang integratif, petumbuhan industri tberita_idak akan berjalan sehalus sutera, justru akan menciptakan ketimpangan internal yang parah dalam perekonomian yang bersangkutan, memperparah masalah kemiskinan, pendapatan, serta pengangguran.

Tentunya pemanfaatan sektor pertanian pun harus dilakukan se-efberita_isien mungkin, sehingga nantinya sektor pertanian menghasilkan output yang berkualitas baik untuk memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri. Dalam pembangunan, sektor pertanian sangat berpengaruh terhadap kondberita_isi di daerah pedesaan dalam hal pendapatan rill yang dapat menopang pembangunan di daerah pedesaan. Contoh kecilnya seperti perbaikan akses jalan raya dan infrastruktur lainnya, karena rata-rata wilayah pedesaan kesulitan mengenai akses transportasi, informasi, serta infrastruktur lainnya. Sehingga dengan adanya rekontruksi tersebut dapat mendorong untuk kemajuan desa.

Apabila transformasi pertanian dan lingkungan pedesaan dapat terlaksana dengan baik, maka perekonomian nasional akan meningkat. Namun, sangat miris sekali apabila tranformasi pertanian dan lingkungan pedesaan tberita_idak terlaksana, karena lebih dari dua per tiga penduduk termiskin di dunia menetap di wilayah yang sumber penghberita_idupan pokonya berasal dari pola pertanian subsisten, dan tak bisa tebayangkan masa depan kita nantinya dibombardir teoritberita_isis barat, bahwa membangun perekonomian dengan cara mengubah pertanian agraris menjadi pertanian industri.

Padahal tanpa kita sadari, diubahnya perekonomian agraris menjadi perekonomian industri berdampak pada meningkatnya angka pengangguran, minimnya lapangan kerja, terbengkalainya lahan garapan, menurunnya tingkat produktivitas pertanian yang merupakan sektor penting dalam pembangunan perekonomian khususnya pada keluarga tani pra sejahtera, krberita_isis petani usia produktif kerja yang disebakan oleh daya tarik terhadap sektor pertanian berkurang “gengsi” serta jeratan kapitalisme secara langsung (buruh pabrik) yang di iming-iming dengan penghasilan lebih besar dibanding bertumpu pada sektor pertanian.

Oleh karena itu perlu dilakukan upaya-upaya yang signifikan dalam meminimalberita_isir terjadinya dampak yang buruk terhadap sektor pertanian dan pembangunan pedesaan, salah satunya dengan cara menemukan varietas baru yang unggul serta penerapan teknologi yang sesuai dengan perkembangan zaman, agar permasalahan sistem agraria yang beragam dapat diminimalberita_isir serta tercapainya pembangunan pedesaan.