prodi Manajemen Sumberdaya Perairan Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan


VISI

”Terwujudnya program studi yang mampu menjalankan tridarma perguruan tinggi dengan baik dan menjadi pusat informasi pengelolaan sumberdaya perairan lokal yang dilandasi keislaman pada tahun 2022"

 

MISI

  1. Dalam mewujudkan Visi Program Studi Sumber Daya Perairan, maka disusun Misi, yaitu:

  2. Menyelenggarakan pendidikan sarjana sumberdaya perairan untuk menghasilkan lulusan yang mandiri, kreatif, inovatif dan berjiwa wirausaha yang memegang teguh nilai-nilai keilmuan dan keIslaman.

  3. Menyelenggarakan penelitian berbasis sumberdaya perairan lokal dalam rangka mendukung pembangunan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menyebarluaskan IPTEKS Perikanan untuk mewujudkan masyarakat lokal yang mandiri dan sejahtera.

  5. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak dalam rangka mendukung kegiatan tridarma.

  6. Menjadikan Al-Islam dan KeMuhammadiyahan sebagai landasan dalam pelaksanaan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

TUJUAN

Program Studi Sumber Daya Perairan Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Sukabumi memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Terselenggaranya layanan akademik yang berkualitas serta proses pembelajaran yang bermutu untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengelola Sumberdaya Perairan yang berwawasan lingkungan.

  2. Berkembangkannya IPTEKS yang berdasarkan Al-Quran dan Sunnah melalui kegiatan penelitian yang unggul untuk mencari solusi dari permasalahan Sumberdaya Perairan.

  3. Tersebarluasnya dan terimplementasikannya hasil-hasil penelitian di bidang sumberdaya perairan untuk pengembangan dan pemberdayaan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

  4. Menjadikan Program Studi Sumber Daya Perairan menjadi pusat informasi pengelolaan sumberdaya perairan lokal yang dilandasi keIslaman dan keMuhammadiyahan.

  5. Meningkatnya kualitas dan kinerja Dosen dan Staf administrasi, sarana dan prasarana serta kerjasama.

 

SASARAN

Sasaran yang dituju dari pelaksanaan pendidikan pada Program Studi Sumber Daya Perairan, yaitu:

  1. Optimalisasi Tatapamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, Penjaminan Mutu dan Sistem Informasi

  2. Peningkatan kuantitas dan kualitas Mahasiswa dan Lulusan

  3. Pengembangan sumber daya manusia

  4. Pengembangan kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik

  5. Pemenuhan pembiayaan, sarana dan prasarana

  6. Peningkatan jumlah penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama

  7. Internalisasi Al Islam dan keMuhammadiyahan