Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Diikuti Guru PAUD dan TK Se-Sukabumi, PG PAUD UMMI Populerkan Senam Irama

Diikuti Guru PAUD dan TK Se-Sukabumi, PG PAUD UMMI Populerkan Senam Irama

  • Administrator
  • 11 Oct 2018
  • Berita Terbaru

SUKABUMI, radarsukabumi.com – Ratusan guru kelompok bermain RA, PAUD dan TK se-Sukabumi, antusias mengikuti gerakan senam irama yang diperagakan oleh salah satu dosen PG PAUD Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), dalam kegiatan workshop “Senam Irama Anak Usia Dini” di Aula UMMI, Rabu (10/10).

Ketua pelaksana workshop Elnawati mengatakan, ada sekitar 700 guru kelompok bermain yang tergabung di RA, TK dan Paud se- Kota dan Kabupaten Sukabumi yang mengikuti kegiatan ini. Ia pun tidak menyangka jika antusias dari para peserta begitu tinggi.

“Untuk kegiatan kita bagi kedalam dua tahap, tahap pertama mulai pukul 08.00-12.00 WIB dan tahap kedua dimulai pukul 13.00-16.00 WIB,”terang Elnawati kepada Radar Sukabumi.

Dalam kegiatan ini, PG PAUD UMMI mencoba memperkenalkan Senam Irama Nusantara yang diciptakan olehnya sendiri dan satu orang rekannya Wening Nugraheni kepada guru-guru kelompok bermain di Sukabumi. Dengan harapan, setelah berlatih gerakan senam irama nusantara ini bisa diprsaktikan kepada anak-anak usia dini.”Sebenarnya senam irama ini merupakan hasil penelitian kita dari PG PAUD UMMI,”ujarnya.

Namun, setelah dilakukan penelitian tahun kemarin ternyata Senam Irama Nusantara ini dapat meningkatkan dan mengembangkan anak usia dini sesuai potensinya secara optimal, sehingga dapat merangngsang genestatik agar anak bisa tampil percaya diri, sehat dan juga ceria.

Menurutnya, senam irama merupakan salah satu kegiatan jasmani yang mudah diikuti oleh anak-anak. Di dalam senam irama terdapat iringan musik yang membuat anak menjadi senang, jadi anak mau mengikuti gerakan dalam senam irama.

“Intinya PG PAUD UMMI sangat peduli dengan anak-anak khususnya anak usia dini di Sukabumi, untuk itu kita mencoba memperkenalkan gerakan senam irama kepada guru-guru di sekolah dengan harapan senam ini bisa dipraktikan langsung oleh murid-muridnya,” imbuhnya.

Selain gerakannya yang mudah diingat, untuk lagu-lagunya sendiri dipilih dari berbagai lagu nusantara. Hal ini bertujuan agar anak-anak juga bisa mengenal lagu-lagu daerahnya.

“Ada lagu Tokecang, ambilkan bulan bu dan banyak juga sih lagu-lagu pendamping senam. Kalau untuk gerakannya enggak sampai 15 menit yah waktunya biar anak juga mudah menghaspal gerakannya,”imbuhnya.

Sebelumnya para peserta ini mengikuti seminar, dari salah satu praktisi PAUD Tingkat Nasional, Petro Alexy yang menjadi salah satu nara sumber dikegiatan workshop ini.

Sementara itu, setelah adanya workshop ini peserta bisa mengenal lebih jauh PG PAUD UMMI, bahwa saat ini di UMMI pun juga tersedia fakultas PG PAUD.

“Ini sekaligus mempernalkan juga kepada guru PAUD bahwa di UMMI sudah tersedia program Studi PG PAUD, jadi guru PAUD yang ingin melanjutkan sekolahnya ke S1 tidak perlu jauh-jauh ke luar kota karena di Sukabumi pun sudah ada,” tutupnya.