Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Studium Generale FKIP UMMI: Menyiapkan Calon pendidik Bangsa yang Berkualitas dan Berkarakter Islami

Studium Generale FKIP UMMI: Menyiapkan Calon pendidik Bangsa yang Berkualitas dan Berkarakter Islami

  • Administrator
  • 11 Oct 2018
  • Berita Terbaru

Auditorium, ummi.ac.id - Selasa, 9 Oktober 2018 bertempat di aula UMMI telah dilaksanakan kegiatan studium generale FKIP. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 161  orang mahasiswa baru FKIP dan 25 orang dosen dari 7 program studi yang ada di FKIP. Hadir sebagai pembicara Ibu Yati Hamudya beliau adalah konsultan yang sudah berpengalaman selama 17 tahun yang expert dalam melatih leadership development, Presentation Skill, Effective Communication, Assessment and motivational insight.

Kegiatan dibuka oleh Dekan FKIP UMMI, Sistiana Windyariani  yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa studium generale di FKIP memiliki 3 makna, antara lain: 1) menyambut mahasiswa baru FKIP UMMI, 2) Membuka wawasan bagi mahasiswa baru calon guru, 3) Menumbuhkan budaya akademik stadium generale sebagai bagian dari kultur kampus.

Dalam pemberian materinya Bu Yati Hamudya menyampaikan value motivator bagi calon guru dari sisi soft skill. Bahwa untuk menjadi seorang guru yang berkualitas, diperlukan keahlian untuk bisa menganalisis personal interested orang lain (khususnya siswa). Terdapat enam  jenis personal interested antara lain, 1) utilitarian, 2) Teoritical, 3) Aesthethics, 4) Social, 5) Individualistic, 6) Traditional. Setiap penjelasan dari masing-masing personal interested, pemateri juga menyampaikan nilai islami yang ada dalam Al-Qur’an dan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Apabila guru sudah bisa memahami personal interested akan terjalin kerjasama yang baik antara guru-siswa sehingga pembelajaran akan berlangsung lebih baik dan lancar.