Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Prodi Pendidikan Bilogi Sukses Gelar Worshop STEMA (Sains Teknologi Enjinering Matematika dan Al-Quran)

Prodi Pendidikan Bilogi Sukses Gelar Worshop STEMA (Sains Teknologi Enjinering Matematika dan Al-Quran)

  • Administrator
  • 08 Sep 2018
  • Berita Terbaru

Sukabumi, ummi.ac.id -  6-7 September 2018, Program Studi Pendidikan Biologi telah melaksanakan kegiatan Workshop dalam rangka Open Laboratorium Biologi ke-3 dengan tema “Workshop STEMA (Sains, Engineering, Mathematics, and Alquran) dalam Pembelajaran Praktikum” bertempat di Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahun ke-3 dari program kerja laboratorium biologi yang bertujuan membekali peserta untuk memiliki keterampilan abad ke-21 dengan integrasi STEMA dalam pembelajaran sains. Kegiatan ini diikuti 19 orang guru yang terdiri atas guru SMP/MTs, SMK, dan SMA/SMK se-kota dan kabupaten Sukabumi.

Kegiatan workshop dilakukan selama 2 hari mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 15.00 yang bertempat di Ruang D6 Gedung Barchoya Mansur Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Kegiatan ini dibuka dengan tilawah Alquran oleh peserta, yaitu Ibu Lilis Siti Hindun dari SMA Azzainiyyah. Selanjutnya Bapak Aa Juhanda, M.Pd., selaku ketua pelaksana memberikan laporan kegiatan. Kemudian sambutan dari Bapak Billyardi Ramdhan, S.Pd., M.Si. selaku Ketua Prodi Pendidikan Biologi. Sambutan selanjutnya dari Ibu Sistiana Windyariani, M.Pd selaku Dekan FKIP sekaligus membuka kegiatan Workshop secara resmi.

Pada hari pertama, kegiatan meliputi pemaparan materi yang disampaikan oleh para dosen Pendidikan Biologi dan dosen Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) mengenai pengertian STEMA oleh Suhendar, M.Pd. & Setiono, M.Pd., Teknik integrasi Alquran dalam sains oleh Leonita Siwiyanti, S.Ag., M.M., Workshop penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis STEMA oleh Billyardi Ramdhan, S.Pd., M.Si. & Setiono, M.Pd., dan Workshop pembuatan asesmen dalam pembelajaran STEMA oleh Sistiana Windyariani, M.Pd. & Aa Juhanda, M.Pd. Setiap pemaparan materi tersebut berlangsung selama 90 menit yang di dalamnya disertai dengan sesi tanya jawab dan penugasan. Pada hari kedua, kegiatan meliputi penjelasan bahan ajar terintegrasi STEMA yang dilanjutkan dengan Workshop penyusunan bahan ajar terintegrasi STEMA oleh AaJuhanda, M.Pd.

Kegiatan ini disambut baik oleh para peserta, hal ini dapat dilihat dari antusias dan keaktifan para peserta selama mengikuti kegiatan. Untuk mengukur peningkatan pemahaman peserta, maka sebelum dan setelah workshop dilakukan pre-test dan post-test. Angket respon diberikan di akhir kegiatan guna memberikan penilaian dan masukan terhadap pemateri dan pelaksanaan kegiatan guna perbaikan pelaksanaan kegiatan secara berkelanjutan. Melalui kegiatan workshop STEMA dalam pembelajaran sains ini diharapkan pembelajaran sains di masa yang akan datang menjadi semakin berkembang dan semakin baik lagi.