Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Language Centre UMMI Luluskan 755 Mahasiswa Semester 3 Dalam Program English for Specific Purposes

Language Centre UMMI Luluskan 755 Mahasiswa Semester 3 Dalam Program English for Specific Purposes

  • Administrator
  • 05 Sep 2018
  • Berita Terbaru

Lapangan Barchoya, ummi.ac.id – Bertempat di lapang Barchoya sebanyak 755 mahasiswa UMMI semester 3 mengikuti kelulusan program Englisg for Specific Purposes (ESP), Selasa (4/9/18).

Acara kelulusan ini merupakan rangkaian kegiatan yang telah diprogramkan oleh Language Centre UMMI sebagai bentuk aprsiasi terhadap para mahasiswa yang telah menyelesaikan program ESP dengan baik.

Ketua Kantor Urusan Internasional UMMI, Dr. Saprudin, S.S. M.Hum mengatakan program ESP sendiri merupkan program pelatihan bahasa inggris yang secara terprogram dimana sistem pembelajarannya mengadopsi dari perkuliahan yang dilaksanakan oleh akademik yang setara 12 SKS yang meliputi reading, speaking, writing dan listening  yang masing-masing 2 SKS sehingga dari 2 SKS itu kita bagi setiap semester. Untuk semester pertama reading, speaking dan listening sehingga totalnya 6 sks. Sedangkan untuk semeter dua reading, speaking dan writing 6 sks. Sehingga mahasiswa itu harus menempuh 12 SKS.

“Selain ESP juga mahasiswa sebelum melaksanakan skripsi akan melaksanakan tes TOEFL yang di kelola oleh Language Center yang akan dilaksanakan di semester 7, tetapi sebelum pelaksaan tes akan meggelar workshop kurang lebih 4 hari yang meliputi empat skill tersebut,” tutur Saprudin.

“Tujuan output yang dihasilkan dari program ESP ini, pertama meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa inggris. Kedua meningkatkan kepercayaan mahasiswa ketika mereka berkomunikasi dalam bahasa inggris. Ketiga kita mendukung dan merealisasikan visi UMMI, unggul dalam keilmuan dan keislaman dengan kemampuan bahasa inggris mahasiswa yang merata yang dipersiapkan mulai dari semester 1,’ lanjutnya.

“Program ini sendiri merupakan bagian dari internasionalisasi UMMI untuk mahasiswa sebelum diberangkatkan ke luar negri mereka harus mampu dalam bahasa inggris. Ditambah sebelum mahasiswa diberangkatkan ke luar negeri mereka akan dikuatkan dalam bidang bahasa inggris,”ucap Saprudin

Lanjut beliau, “Dengan melakukan ESP ini juga kita mengetahui banyak sekali mahasiswa UMMI yang memiliki kemampuan yang memuaskan dalam bahasa inggris. Jadi ketika ada perlombaan dalam bahasa inggris kita tidak hanya mengandalkan mahasiswa dari program Sastra Inggris saja tetapi kita bisa mengambil mahasiswa dari  program studi lain.”

“Dalam program ESP ini juga kita memberikan reward kepada tiga mahasiswa terbaik  dan satu orang the best instructor yang akan jalan-jalan keluar negri yaitu ke Malaysia selain dari jala-jalan mereka akan mengunjungi juga Islam University Antar Bangsa Selangor yang sudan menjalin MoU dengan UMMI,”tutupnya.