Program Studi Terakreditasi A : Ini Dia Keuntungannya Bagi Mahasiswa
Program Studi Terakreditasi A : Ini Dia Keuntungannya Bagi Mahasiswa

Program Studi Terakreditasi A : Ini Dia Keuntungannya Bagi Mahasiswa

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Selasa, 31 Juli 2018

Sukabumi, ummi.ac.id -  Selasa (31/7/18), Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis UMMI mendapatkan akreditasi A berdasarkan surat keputusan bernomor 1904/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018. Sebuah capaian yang luar biasa, karena berdasarkan data dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dari 20.603 Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis di Indonesia hanya 13 Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis yang terakreditasi A.

Hasil akreditasi A membuktikan bahwa program studi Ilmu Administrasi Bisnis UMMI sudah memenuhi kriteria dari syarat-syarat penilaian akreditasi yang meliputi: Kurikulum dari setiap program pendidikan; prestasi dosen dan mahasiswa; proses belajar-mengajar; penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri. Saat ini setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta harus melakukan akreditasi.

Akreditasi diperlukan untuk menjamin mutu dari suatu lembaga pendidikan. Selain itu untuk masyarakat umum, akreditasi juga bisa menjadi alat untuk mengukur sistem penjaminan mutu suatu Perguruan Tinggi dalam melakukan proses belajar mengajar.

Anggota Lembaga Jaminan Mutu (LPM) UMMI, Ade Sudarman, S.E., M.M., menuturkan bila program studi berakreditasi A, maka program studi tersebut Unggul sehingga mahasiswa akan mendapatkan jaminan yang berkualitas saat menjalankan studi. “Jaminan ini tak hanya diperoleh pada proses pembelajaran, tapi juga pada proses rekruitmen dan penyerapan alumni di dunia kerja.”

Lebih lanjut, kata Ade, para lulusan program studi berakreditasi A akan mendapat kesempatan bekerja di berbagai instansi swasta ataupun pemerintah yang memang hanya menerima lulusan dari program studi berakreditasi A. “Lulusan dari prodi berakreditasi di bawah A, tentu saja tidak bisa,” ujarnya lagi. Bagi program studi, kondisi ini amat menguntungkan dalam penerimaan mahasiswa.

Diyakini, animo masyarakat akan terus meningkat untuk memilih program studi berakreditasi A, karena orangtua menjadikan akreditasi sebagai barometer mutu sebuah perguruan tinggi.