15 Tahun UMMI Berkarya
15 Tahun UMMI Berkarya

15 Tahun UMMI Berkarya

  • Ditulis oleh administrator
  • pada Rabu, 20 Juni 2018

Rasa syukur yang dalam perlu kami panjatkan kehadirat Allah Tuhan YME yang telah memberikan kekuatan, rahmat dan hidayah kepada kami beserta segenap jajaran pimpinan  sehingga kami mampu melaksanakan tugas mengabdi mengembangkan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)  dengan sampai di usianya yang kelimabelas tahun.  Ucapan terima kasih perlu kami sampaikan pula kepada segenap sivitas akademika UMMI yang telah menunjukkan kerja sama yang baik dan bersama-sama bekerja keras untuk mewujudkan visi UMMI sebagai perguruan tinggi yang  unggul dalam keilmuan dan keislaman. Tidak lupa pula ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya perlu kami sampaikan kepada para pendiri dan pimpinan pendahulu kami yang telah merintis jalan sehingga memudahkan dalam kami melaksanakan tugas. 

UMMI merupakan salah satu amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah yang bergerak di bidang pendidikan tinggi yang telah berdiri di Sukabumi pada tanggal 13 Juni 2003, dalam rentang waktu yang masih tergolong singkat ini UMMI mampu membangun sinergitas internal dan eksternal kampus. Kekuatan yang dimiliki Internal Institusi UMMI yakni memiliki 21 program studi yang terdiri dari:3 Program Diploma III, 17 program Sarjana dan 1 program Magister, UMMI memiliki 21 program studi, yang telah terakreditasi “B” berjumlah 13 Program Studi, sisanya sedang dalam proses akreditasi menuju B. Penguatan lainnya terlihat di bidang SDM dimana kini UMMI telah memiliki 14 Doktor dari berbagai bidang ilmu dan sebanyak 25 orang Dosen UMMI yang sedangmengikuti studi lanjut program Doktor di dalam maupun luar negeri. Disamping itu secara konsisten setiap tahun UMMI mengirimkan 21 orang Dosen dari 21 program studi untuk studi program Doktor. Peningkatan lain dapat dilihat dari perbaikan dan penambahan sarana fisik yakni sarana kelas, laboratorium, mesjid, sarana olah raga dan foodcourt yang semuanya berada di lingkungan kampus UMMI. Alhamdulillah pada saat ini UMMI sedang melakukan pembangunan penambahan ruang belajar mohon doanya semoga dapat berjalan dengan lancar. Selain kekuatan yang telah dipaparkan diatas beberapa perkembangan penting lainnya adalah Universitas Muhammadiyah Sukabumi dalam menjalankan caturdharma telah didukung oleh Perpustakaan yang telah terakreditasiUnggul (A).

UMMI dapat berkembang dengan pesat dikarenakan berpedoman kepada Visi unggul dalam keilmuan dan keislaman, Misi, Tujuan dan Sasaran yang tepat dan diimplementasdikan dalam Catur Darma Perguruan Tinggi. Salah satu misi UMMI untuk memperluas jaringan adalah melakukan kerjasama di tingkat Lokal, Nasional dan Internasional, realisasi kerjasama tingkat Lokal dan Nasional dilakukan dengan pemerintah di tingkat Kota/Kabupaten/Provinsi, Perguruan Tinggi, Instansi Pemerintah/Swasta, Media Massa serta berbagai organisasi profesi dan kemasyarakatan. Selanjutnya Kerjasama Internasional telah terjalin dengan Perguruan tinggi Internasional, Kedutaan Besar dan Korporat di Thailand serta Wali Kota Taiwan melalui  Taipei Economic and Trade Organization.

Untuk Kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi Internasionaltelah di implementasikan melalui aktivitas nyata seperti pelaksanaan KKN-PPL internasional di Thailand dan di University Technology Malaysia, Magang di KBRI Thailand, Sit in di KUIS Malaysia, Studi banding dengan UUM Malaysia dan short course di Taiwan.

Kerjasama-kerjasama yang dibangun UMMI ini tak lain merupakan upaya UMMI dalam berimbas pula padapeningkatan daya saing lulusan. Kerjasama ini benar-benar telah memberikan dukungan dalam upaya mewujudkan UMMI sebagai Universitas yang unggul dalam keilmuan dan keislaman .

Dalam miladnya kelimabelas ini berdasarkan pemeringkatan PTN/PTS se Indonesia UMMI bergerak menempati posisi ranking ke 363 dari 3626 PTN/PTS se Indonesia.  Bagi UMMI yang masih muda remaja perolehan rangking tersebut merupakan kebanggaan tersendiri dan menjadi motivasi bagi UMMI untuk dapat meningkatkan kualitasnya dari sisi SDM, Manajemen, kemahasiswaa, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi. Pada tahun ini banyak sekali prestasi yang telah diraih oleh dosen UMMI baik dalam penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat seperti Dosen UMMI raih lomba poster penelitian tingkat nasional, penyaji terbaik tingkat nasional, dan meraih uber kekayaan intelktual. Selain itu LPPM UMMI mendapatkan penguatan sentra KI kementerian ristek dikti, hibah dp2a provinsi Jawa Barat untuk hak paten an. Reni Mulyani dan hak cipta an. Mohamad Ridwan, Rangking Hibah penelitian LPPM UMMI menempati rangkin ke 6 dari 478 perguruan tinggi sekopertis 4 wilayah Jawa Barat dan Banten.

Dibidang minat dan bakat mahasiswa, tahun ini banyak pula prestasi yang telah diraih mahasiswa UMMI baik tingkat nasional maupun  internasional, yang terbaru pada bulan ini Mahasiswa UMMI berhasil meraih mendali perunggu dalam turnamen nasional pencak silat antar perguruan tinggi. Prestasi – prestasi tersebut terwujud berkat kerja keras dari segenap unsur keluarga besar UMMI dan dukungan dari berbagai pihak, termasuk mitra UMMI.

Meyakini bahwa kedudukan amal usaha sebagai wujud gerakan Muhammadiyah, maka UMMI sebagai salah satu amal usaha Muhammadiyah bidang pendidikan pun berusaha memposisikan diri sebagai alat gerakan Muhammadiyah yang dipersembahkan kepada masyarakat luas dengan mengembangkan keilmuan dan keislaman demi membangun bangsa dan negara.  

 Pengembangan dalam keilmuan sudah jelas terasa arahnya serta mulai dapat dipetik hasilnya melalui karya dan produk nyata berupa hasil-hasil penelitian Dosen dan mahasiswa UMMI, tinggal bagaimana mempertahankan bahkan meningkatkannya.  Sementara pengembangan AIK di UMMI hingga tahun 2018 ini pun tidak hanya terlihat nyata dalam mata kuliah AIK dan dalam pelaksanaan pembinaan yang disusun secara terjadual bagi semua staf UMMI baik di lingkungan Universitas dan fakultas saja.  Pengembangan AIK di UMMI lebih jauh telah dilaksanakan melalui:

  1. Pengembangan cabang dan ranting melalui kegiatan penelitian dan pengabdian kepada msayarakat serta KKN tematik LPCR
  2. Pembinaan AIK berdasarkan kompetensi Dosen dan Staf
  3. Pembiasaan amal sholeh di lingkungan kampus yang ditetapkan melalui SK Rektor
  4. Penjaringan BTQ bagi seluruh mahasiswa baru sehingga dapat tuntas BTQ di tahun pertama menjadi mahasiswa
  5. Melaksanakan kegiatan mentoring BTQ dan klinik BTQ
  6. Pengembangan UPT Zakat dan Infak yang kemudian disalurkan kepada mahasiswa yang tidak mampu dalam bentuk beasiswa
  7. Melaksanakan kegiatan Baitul Arqom

Kami yakin apabila upaya-upaya tersebut terus dilaksanakan dengan baik, maka apa yang menjadi cita-cita UMMI sebagai universitas yang unggul dalam keislaman akan terwujud.  Mahasiswa dan lulusan UMMI dengan kepribadian Islam akan menjadi nyata yang pada akhirnya tercipta kader-kader bangsa yang berkarakter baik sehingga kewibawaan kampus turut terangkat.

Demikian perjalanan UMMI kelimabelas tahun. Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu membesarkan UMM. Semoga pada periode ke depan seluruh kerjasama itu dapat terus dijalankan secara lebih baik dan maksimal. Dengan usianya yang semakin matang, pada kini UMMI siap mengayunkan langkah di era global.